Dark/Light Mode

Hasil Pertandingan Indonesia Vs Uzbekistan, Garuda Muda Dikoyak Serigala Putih

Senin, 29 April 2024 23:10 WIB
Ilustrasi Timnas Indonesia U-23. Foto: PSSI
Ilustrasi Timnas Indonesia U-23. Foto: PSSI

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 2024 dengan skor 0-2 di Stadion Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4) malam WIB.

Dominasi tim yang berjuluk Serigala Putih akhirnya memetik 2 gol di babak kedua. Setelah kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0 di babak pertama.

Sebenarnya Indonesia sudah unggul lebih dulu lewat gol Muhammad Ferrari di babak kedua, menit ke 61.

Sayangnya, gol pembuka Garuda Muda itu dianulir wasit di menit ke 65. Karena setelah mengecek VAR, Ramadan Sananta dianggap offside. Akhirnya, skor kembali jadi 0-0.

Baca juga : Indonesia Terus Digempur Uzbekistan, Skor Babak Pertama Masih 0-0

Tiga menit kemudian, Uzbekistan justru mencetak gol pertama melalui tendangan kaki kiri Khusain Norchaev menit ke 68. Gol itu bermula dari umpan silang pemain pengganti Muhammadkodir Hamealiev dari sisi kiri. 

Setelah Uzbek unggul 1-0, Garuda Muda dipaksa melanjutkan laga dengan 10 pemain, karena kapten Rizky Ridho mendapat kartu merah di menit ke 84. Gara-garanya, tendangannya yang berupaya menyelamatkan bola justru mengenai selangkangan Jasurbek Jaloliddinov. Hingga membuat pemain Uzbek itu meringis kesakitan.

Dengan sisa kekuatan 10 pemain, tak cuma melemahkan perlawanan Garuda Muda, Timnas Indonesia juga terjebak dalam sejumlah kesalahan.

Salah satunya, aksi bunuh diri Pratama Arhan menit ke 86 yang menggandakan kedudukan Uzbekistan menjadi 2-0.

Baca juga : Indonesia Vs Uzbekistan U23 Jam Berapa WIB Malam Ini? Ini Link Live Streamingnya

Gol itu bermula dari tendangan bebas Jasurbek ke pojok atas kanan gawang Indonesia yang berhasil ditepis Ernando Ari. Bola liar itu kemudian disundul oleh pemain Uzbekistan yang kemudian membentur mistar gawang.

Bola yang kembali bergerak liar bikin pertahanan Indonesia panik. Arhan yang berada di depan gawang yang mencoba menghalau bola dengan kaki kanannya, justru mengirim bola bersarang ke gawang sendiri.

Hingga 16 menit tambahan waktu babak kedua, tidak ada perubahan skor. Beberapa upaya yang dilakukan Indonesia tak membuahkan hasil.

Akselerasi Marselino Ferdinan misalnya, menit ke 90+3 di kotak penalti lawan, yang gagal membuahkan gol. Musababnya, bidikan tendangan kaki kirinya menyamping ke sisi kanan gawang Uzbek.

Baca juga : Malam Ini Lawan Uzbek, Semoga Garuda Muda Tetap Perkasa

Justru di menit ke 90+15, Uzbekistan lagi-lagi nyaris mencetak gol ketiga. Beruntung bola yang dilesatkannya mengenai mistar gawang, dan bolanya berhasil diamankan tim Garuda Muda.

Hingga peluit panjang, Uzbekistan berhasil mengamankan kemenangannya dengan skor 2-0.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.