Dark/Light Mode

Malam Ini Lawan Uzbek, Semoga Garuda Muda Tetap Perkasa

Senin, 29 April 2024 08:10 WIB
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Timnas Indonesia U-23 akan bertanding melawan Uzbekistan di panggung semifinal Piala Asia U-23. Dalam laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifah dan akan disiarkan langsung RCTI pukul 21.00 WIB ini, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjanjikan Garuda Muda akan tampil apik dan segera mengunci satu tempat di Olimpiade Paris 2024.

Setelah menunjukkan penampilan luar biasa di babak penyisihan dan perempat final, Garuda Muda kini harus menghadapi tantangan yang lebih besar. Uzbekistan lawan yang tak bisa dianggap enteng. Timnas berjuluk Pasukan Timur Kapadze itu menunjukkan performa luar biasa sepanjang babak penyisihan dan perempat final. Dalam turnamen ini, Uzbek telah mengemas 12 gol tanpa satu kali pun kebobolan. Bukan cuma itu, Uzbek juga sudah enam kali tampil di ajang ini. Menjadi juara di 2018 dan semifinalis di 2020.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui Uzbek bukan tim kacangan. Ia pernah menonton langsung permainan Uzbek. Kata dia, Uzbek punya kekuatan fisik dan taktik permainannya yang stabil, terorganisir, dan disiplin. Akan sulit menghadapi tim sekuat itu.

Baca juga : Sri Mulyani Direpotin Urusan Anak Buah

Namun, kata dia, Garuda Muda sudah mempersiapkan turnamen ini dengan baik. “Kami ingin memperlihatkan permainan yang bagus untuk hasil yang bagus juga,” kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers sebelum laga.

Pelatih asal Korea Selatan itu punya mimpi besar membawa Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade Paris 2024. Mimpi itu bisa terwujud jika Indonesia berhasil melibas Uzbek dalam laga nanti. “Bagaimana pun, sekarang ini adalah waktunya bagi Indonesia berpartisipasi di panggung Olimpiade,” ujarnya.

Timnas Indonesia telah menunjukkan performa luar biasa di sepanjang perjalanan menuju semifinal. Keberhasilan Garuda Muda bukan hanya modal semangat, terapi dibarengi dengan kemajuan teknis dan taktis di bawah arahan Shin Tae-yong.

Baca juga : Kemenkop Izinkan Warung Madura Operasi 24 Jam

Garuda Muda sempat kalah saat melawan Qatar di pertandingan pertama babak penyisihan. Namun, dengan cepat bangkit dan berhasil melibas Australia dengan skor tipis 1-0. Dari pertandingan itu terlihat ketangguhan mental dan taktik defensif yang kuat. Performa yang baik berlanjut setelah berhasil menang dengan gaya melawan Yordania dengan skor 4-1.

Saat melawan Korea Selatan, terbukti tak hanya teknik dan taktikal Timnas yang maju. Mental anak asuh Shin Tae-yong juga sudah sekiat baja.

Sehari sebelum laga, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengunggah sebuah video singkat yang menampilkan antusiasme dan semangat tak kenal lelah suporter Timnas Indonesia. Video diunggah di akun Instagram @erickthohir, Minggu (28/4/2024).

Baca juga : Elite PAN Nggak Khawatir Jatah Menteri Berkurang

Video yang diunggah Erick itu singkat saja. Tak sampai dua menit. Isinya mengabadikan momen-momen semangat suporter Indonesia saat nonton bareng (nobar) pertandingan melawan Korea Selatan, Jumat (26/4) dini hari.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.