Dark/Light Mode

Liga Eropa

AS Roma Vs Bayer Leverkusen, Serigala Lapar Gelar

Rabu, 1 Mei 2024 14:20 WIB
Para pemain AS Roma. (Foto : Ist)
Para pemain AS Roma. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim kuat Italia, AS Roma akan menjamu tim elit Jerman, Bayer Leverkusen pada duel leg pertama semifinal Liga Eropa 2023/2024.

Duel tuan rumah AS Roma kontra Bayer Leverkusen akan dihelat di Stadio Olimpico, Jumat (3/5/2024), pukul 02.00 WIB, dengan live di SCTV dan live streaming di Vidio.

AS Roma dan Bayer Leverkusen terakhir kali bertemu di Liga Eropa musim lalu. Waktu itu, mereka juga bertemu di babak semifinal.

Pada leg pertama di Olimpico, AS Roma menang 1-0 berkat gol tunggal Edoardo Bove menit ke-63. Imbang 0-0 pada leg kedua di BayArena, AS Roma pun unggul agregat 1-0 dan lolos ke final.

Giallorossi melangkah ke tahap semifinal Liga Eropa ini setelah menumbangkan AC Milan dengan agregat 3-1 di perempat-final, dengan mereka berhasil meraih kemenangan di dua leg; 1-0 di leg satu dan 2-1 di leg kedua.

Jelang duel ini, tim asuhan Daniele De Rossi meraih hasil kurang memuaskan di Serie A Liga Italia 2023/2024. 

Dari tiga pertandingan terakhir, mereka hanya sekali menang (2-1 vs Udinese) dan menelan satu kekalahan (3-1 vs Bologna), sementara pekan lalu Giallorossi bermain imbang 2-2 dengan Napoli.

Sedangkan, Bayer Leverkusen menjalani musim yang fantastis. Die Werkself telah mengamankan gelar Bundesliga mereka setelah meraih kemenangan telak 5-0 atas Werder Bremen pertengahan bulan April 2024 ini.

Di Liga Eropa, Bayer Leverkusen melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan tim asal Inggris, West Ham United, dengan agregat 3-1. 

Pada leg pertama, pasukan Xabi Alonso menang dengan skor 2-0, lalu di leg kedua pertandingan berakhir imbang 1-1. Selain itu, Leverkusen juga masih tak terkalahkan dalam 46 pertandingan.

Kabar di skuad AS Roma, Zeki Celik akan absen di laga ini karena skorsing. Sementara Romelu Lukaku diragukan tampil karena cedera.

Chris Smalling kemungkinan besar juga absen karena cedera, sedangkan Dean Huijsen dan Rasmus Kristensen tidak terdaftar.

Baca juga : Fulham Vs Liverpool: Awas, Si Merah Kepeleset Lagi!

Di kubu Bayer Leverkusen, Jonathan Tah diragukan tampil karena cedera yang ia alami saat bermain imbang dengan Stuttgart, sementara Borja Iglesias dan Adam Hzolek tidak tersedia.

AS Roma dan Bayer Leverkusen bertemu lagi di kompetisi dan di babak yang sama. Musim lalu, dua tim ini juga bertemu di semifinal Liga Eropa. Musim ini, mereka kembali harus saling jegal untuk meraih tiket ke final.

Musim lalu, Leverkusen dipaksa mengakui keunggulan AS Roma. Leverkusen kalah agregat 0-1 setelah gol Edoardo Bove untuk AS Roma pada leg pertama di Olimpico menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam dua bentrokan mereka.

AS Roma, yang kali ini ditangani Daniele De Rossi, tentu ingin kembali ke final. Namun, ambisi itu tidak bakal mudah diwujudkan.

Sebab, Leverkusen musim ini benar-benar berbeda dibandingkan musim sebelumnya. Di tangan Xabi Alonso, selain telah sukses memutus dominasi Bayern Munchen di Bundesliga Jerman, Leverkusen musim ini juga belum sekalipun tersentuh kekalahan.

Jelang laga ini, AS Roma mendapat dukungan dari eks pemain Arsenal, Chelsea dan Barcelona yaitu Cesc Fabregas.

Pria asal Spanyol yang kini jadi pelatih Como percaya bahwa duel AS Roma vs Bayer Leverkusen ‘50-50’, dan menggarisbawahi kualitas Atalanta menjelang pertandingan melawan Olympique Marseille.

Selain itu AS Roma juga mampu mengalahkan AC Milan di perempat final, suatu hasil yang mungkin akan dikecam oleh Stefano Pioli.

Di sisi lain, Atalanta terus bersinar di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, memuncaki grup Liga Eropa mereka sebelum meraih kemenangan atas Sporting CP dan Liverpool di babak sistem gugur, membuat mereka hanya selangkah lagi menuju babak final Eropa.

Fabregas pertama-tama memberikan pendapatnya mengenai laga AS Roma melawan tim papan atas Bayer Leverkusen.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sangat bagus. Ini sangat, sangat dekat. Peluangnya 50-50. Jelas, Bayer Leverkusen menjalani musim yang fantastis,” ujarnya.

“Setelah memenangkan liga, saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang fantastis, karena AS Roma juga berkembang dengan pelatih baru mereka, Daniele De Rossi. Ini akan menarik, saya akan berada di depan TV untuk menyaksikannya,” sambung Fabregas.

Baca juga : Liga Europa: Liverpool Tersingkir, AS Roma Hajar AC Milan

Cesc Fabregas kemudian memberikan pendapatnya mengenai laga Atalanta melawan Marseille. “Kita telah melihat apa yang bisa dilakukan Atalanta, mengalahkan Liverpool 3-0. Percayalah, saya sudah sering bermain di stadion itu dan itu sama sekali tidak mudah. Mereka adalah tim yang sangat mengandalkan fisik, yang bertarung satu lawan satu di seluruh area lapangan,” tuturnya lagi.

“Namun, ini akan sulit karena Marseille, sejak mereka berganti pelatih, juga bermain dengan gaya yang berbeda, jadi ini akan menjadi tantangan yang menarik,” lanjutnya.

Pelatih asal Como ini mengomentari tim-tim yang diunggulkan untuk meraih titel Europa League.

“Saya pikir Leverkusen, ketika Anda menyaksikan mereka bermain, berada dalam momen di mana segala sesuatu yang mereka sentuh berubah menjadi emas,” ujarnya.

“Mereka dapat terus menang, bahkan ketika mereka bermain dengan 10 orang. Mereka memiliki mentalitas yang hebat. Mereka merasakan momen ini, di mana segala sesuatu yang Anda sentuh dapat berubah menjadi gol,” pujinya.

“Atau jika sesuatu terjadi, mereka akan menemukan cara, dan ini sangat penting bagi sebuah tim ketika mereka berada dalam kondisi seperti ini, dalam dinamika seperti ini dan saya yakin mereka akan mencoba menerapkannya hingga akhir musim dan juga memenangkan sesuatu yang penting, selain liga,” ujarnya.

Daniele De Rossi menyebut Bayer Leverkusen asuhan Xabi Alonso hanya tidak terkalahkan bukan tidak bisa dikalahkan.

“Mereka tidak terkalahkan, tapi tidak ada tim yang tidak ada duanya,” katanya.

Pernyataan itu disampaikan Daniele De Rossi setelah Giallorossi bermain imbang melawan Napoli di Naples.

Daniele De Rossi berbicara tentang pentingnya memulihkan pemain tertentu dari cedera menjelang pertandingan semifinal Liga Eropa 2023/2024. “Titik ini? Itu bernilai satu,” katanya.

“Menyingkirkan hasil di stadion ini bukanlah sebuah hasil, tapi itu bukan yang kami inginkan, dan ini bukan pertandingan yang kami harapkan,” kata Daniele De Rossi seperti dikutip dari footitalia.

“Melawan tim seperti Napoli, kami perlu mengambil langkah maju. Kami tidak berhasil melakukan itu. Napoli kuat; mereka menunjukkan kebanggaan mantan juara Italia,” sambung pria Italia itu.

Baca juga : Atalanta Vs Liverpool, Si Merah Bakal Sulit Bangkit

“Melawan tim seperti itu, Anda harus lebih bersih dalam penguasaan bola. Kami terlalu sering kehilangan bola dan tidak bermain untuk menetralisir kekuatan mereka. Mereka mendapat banyak tembakan; kami perlu berbuat lebih baik,” ujar kapten AS Roma saat menjadi pemain ini.

Prediksi Susunan Pemain 

AS Roma (4-3-3) : Svilar; Spinazzola, Ndicka, Mancini, Kristensen; Pellegrini, Paredes, Cristante; El Shaarawy, Abraham, Dybala.

Pelatih: Daniele De Rossi.

Info skuad: Celik (skorsing), Smalling (cedera), Lukaku (cedera).

Bayer Leverkusen (3-4-2-1) : Kovar; Tapsoba, Tah, Stanisic; Grimaldo, Xhaka, Palacios, Frimpong; Wirtz, Adli; Boniface.

Pelatih: Xabi Alonso.

Info skuad: Iglesias (cedera), Tah (meragukan), Hlozek (meragukan).


Head to Head AS Roma vs Bayer Leverkusen

5 Pertemuan Terakhir AS Roma vs Bayer Leverkusen

19-05-2023 Leverkusen 0-0 Roma (Liga Europa)
12-05-2023 Roma 1-0 Leverkusen (Liga Europa)
05-11-2015 Roma 3-2 Leverkusen (Liga Champions)
21-10-2015 Leverkusen 4-4 Roma (Liga Champions)
04-11-2004 Roma 1-1 Leverkusen (Liga Champions).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.