Dark/Light Mode

Barca Ggigit Jari dan Puasa Gelar

Girona Torehkan Sejarah Baru

Senin, 6 Mei 2024 06:40 WIB
Selebrasi Tim Girona. (Foto: Istimewa)
Selebrasi Tim Girona. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub raksasa Spanyol, FC Barcelona kembali harus gigit jari, setelah mengalami kekalahan dari Girona 2-4 dalam lanjutan La Liga di Estadi Montovillivi, dini hari kemarin. Kemenangan tersebut membawa Girona lolos ke Liga Champions musim depan.

Sedangkan Barca, atas kekalahan ini harus turun satu peringkat ke posisi ketiga klase­men La Liga dengan 73 poin atau tertinggal 14 poin dari pim­pinan klasemen Real Madrid. Real Madrid dipastikan juara La Liga musim ini, karena tidak akan bisa lagi kekejar Barca dan Girona.

Sedangkan Girona dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan setelah menggeser Barce­lona untuk menempati peringkat dua. Skuat asuhan Michel San­chez tersebut mengemas 74 poin.

Dalam pertandingannya, Bar­celona lebih dahulu mencetak gol melalui Andreas Christensen pada menit ke-3. Lalu keterting­galan itu langsung dibalas Artem Dovbyk di menit ke-4, skor 1-1 pun bertahan hingga 40 menit babak pertama.

Di penghujung pertandingan Robert Lewandowski berhasil mencetak gol Blaugrana melalui titik penalti pada menit ke-45+1. Namun, di babak kedua Girona berhasil bangkit, mereka mampu menciptakan tiga gol cepat di awal pertandingan. Tiga gol Girona tersebut dicetak oleh Portu di menit ke-65 dan 74, serta Miguel Gutierrez pada menit ke-67.

Baca juga : Srikandi Bulutangkis Tetap Membanggakan

Penyerang Girona, Cristian Portugués Manzanera atau dike­nal Portu, tidak bisa menyembu­nyikan kegembiraannya setelah menembus Liga Champions untuk pertama kalinya.

“Mengalami hal ini dan me­lihat jersey saya, mengetahui bahwa orang-orang ini akan menikmati Liga Champions, sungguh luar biasa. Tidak ada yang menyangka hal ini bisa ter­jadi,” kata Portu seperti dikutip dari The Marca, kemarin.

“Tidak ada yang lebih indah daripada menuliskan nama Anda dalam sejarah sebuah klub. Juga di klub yang Anda cintai, tempat di mana mereka mendukung Anda,” imbuhnya.

Pelatih Sanchez memuji para pemainnya yang telah mencetak sejarah karena berhasil lolos pertama kalinya ke Liga Cham­pions musim depan. “Semua pujian kami berikan kepada para pemain Girona. Mereka sudah masuk dalam buku sejarah Gi­rona,” kata Sanchez.

Pujian yang dilontarkan San­chez memang tidak berlebihan, sebab Girona tidak hanya lolos ke Liga Champions, namun mampu bersaing dengan dua raksasa Real Madrid dan Barce­lona. Albirrojos bahkan mampu mempermalukan Barcelona 4-2 pada pertandingan La Liga Sabtu (4/5) malam.

Baca juga : London Buktikan Tidak Terjangkit Islamophobia

“Pemain telah menjalani musim bersejarah di level yang sangat sulit disamai,” lanjut Sanchez. “Andai saya mem­beri nama perjalanan ini untuk sebuah film, saya akan na­mai “make history”.

Sanchez mengatakan, target utama Girona untuk musim depan akan meningkat, yak­ni mempersembahkan piala. “Memenangkan trofi bersama Girona adalah langkah selanjut­nya, namun itu tantangan yang cukup sulit. Kami juga memiliki peluang di Liga Champions,” kata mantan pelatih Rayo Val­lecano dan Huesca itu.

“Kami akan berlaga di Copa del Rey dan liga. Itu adalah langkah selanjutnya yang harus diambil klub, meski itu masih sebuah mimpi,” tutup dia.

Kapten Barcelona, Sergi Ro­berto mengatakan bahwa timnya sangat tidak maksimal dalam pertandingan tersebut. Bahkan, ia juga merasa kesal dengan per­formanya saat melawan Girona. “Kami tidak pantas menerima hasil ini. Kami memainkan pertandingan yang sangat ba­gus,” katanya usai pertandingan.

“Saya pergi dengan sangat marah. Saya melakukan kesala­han dan saya meminta maaf ke­pada para penggemar,” ujarnya.

Baca juga : Kata Dewan Pengawas,Sidang Etik Jalan Terus

Menanggapi hal tersebut, pelatih Barcelona, Xavi Her­nandez mengungkapkan, banyak kesalahan di lini belakang Bar­celona. Namun kekalahannya ini tidak membuat ia menarik keputusannya untuk hengkang.

“Kami harus melupakan musim ini dan memperbaiki diri. Kurangnya efisiensi di depan gawang merugikan kami, kami seharusnya mencetak ‘1-3’ un­tuk mengakhiri pertandingan,” ungkapnya.

“Apakah Anda akan memper­timbangkan kembali keputusan Anda untuk bertahan, apakah akan ada perdebatan? Tidak,” tegasnya.

Keberhasilan Girona untuk menembus Liga Champions untuk pertama kalinya turut mendapat pujian dari pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. “Ini musim historis mereka yang di­raih dengan sepak bola brilian,” ujar Xavi.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 6 Mei 2024 dengan judul Barca Ggigit Jari dan Puasa Gelar, Girona Torehkan Sejarah Baru

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.