Dark/Light Mode

Atalanta Dan Bayer Leverkusen, The Werkself Bawa Misi Treble Winners

Rabu, 22 Mei 2024 06:40 WIB
Bayer Leverkusen membawa misi meraih gelar treble win­ners musim ini. (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)
Bayer Leverkusen membawa misi meraih gelar treble win­ners musim ini. (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Final Liga Europa 2023/2024 akan digelar dini hari nanti. Partai yang mempertemukan wakil Italia, Atalanta, dan wakil Jerman, Bayer Leverkusen, ini akan digelar di Aviva Stadium (Dublin).

The Werkself - julukan Leverkusen, membawa misi meraih gelar treble win­ners musim ini. Saat ini, Leverkusen baru menjuarai Liga Jerman, kini masih berburu trofi Liga Europa dan DFB Pokal.

Sedangkan Atalanta bertekad menjadi tim pertama yang bisa menodai goresan emas Leverkusen musim ini. La Dea tentu juga tidak mau kalah 2 kali di 2 final berbeda dalam tempo sepekan. Pekan lalu, kubu Bergamo dipaksa menyerah 0-1 saat melawan Juventus di final Coppa Italia 2024.

Xabi Alonso telah menorehkan sejarah untuk Leverkusen. Dalam 51 laga di semua kompetisi musim ini, The Werkself mendapatkan hasil 42 kemenangan dan 9 imbang.

Dua kemenangan tidak hanya mem­buat Leverkusen sempurna. Selain itu, The Werkself bakal meraih treble winners un­tuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Baca juga : Vito Nothing To Lose

“Mulai besok (setelah pertandingan melawan Augsburg) kami punya target besar. Pekan ini akan menjadi kesempatan yang unik bagi kami,” jelas Alonso.

Atalanta tentu tidak akan membiarkan Leverkusen terus-menerus tertawa di setiap akhir laga. Misi memberikan tan­gisan pertama pada The Werkself mesti dijalankan. Apalagi jika dilihat dari sudut pandang lain, Liga Italia akan berharap Atalanta yang menjadi juara.

Jika Atalanta juara Europa League dan finish di luar 4 besar di klasemen Liga Italia, akan ada 6 wakil bagi Serie A di Liga Champions musim depan.

Empat peringkat teratas lolos dari jatah klasemen, Atalanta lolos dari jalur juara UEL, dan Roma di peringkat 6 bisa lolos dari jalur European Performance Spots (EPS).

Dalam perjalanannya ke final, Atalanta telah menyingkirkan Sporting Lisbon, Liverpool dan Marseille. Sedangkan Leverkusen sukses melewati hadangan Qarabag, West Ham dan AS Roma.

Baca juga : Masih Dipertimbangkan, Posisi Luhut Jadi Penasihat Prabowo

Bagi Atalanta, ini capaian pertamanya melaju ke final Liga Europa. Di sisi lain, ini final kedua Leverkusen. Final pertama klub asal Jerman itu terjadi pada musim 1987/1988, ketika kompetisi ini masih bernama UEFA Cup.

Waktu itu, Leverkusen jadi juara sekal­igus gelar pertamanya usai mengalahkan Espanyol di final. Harapan Leverkusen meraih gelar kedua pun sebetulnya bisa mereka raih musim lalu.

Namun, langkah mereka terhenti di babak semifinal lantaran dihentikan AS Roma. Karena itu, duel melawan Atalanta nanti jadi kesempatan Leverkusen untuk membalaskan dendam atas kekalahan dari tim yang sama-sama wakil Italia.

Namun, hal itu bakal sulit karena Atalanta tampil impresif musim ini. Di Serie A, setelah kalah dari Juventus di final Coppa Italia, Atalanta memastikan diri finis di zona Liga Champions.

Jika pasukan Gian Piero Gasperini mampu mengalahkan Leverkusen di Aviva Stadium nanti, maka Italia bakal punya enam wakil di Liga Champions musim depan. Namun, itu tidak bakal mudah diwujudkan.

Baca juga : Jokowi: Kelangkaan Air Bisa Bikin Perang

Pasalnya, Leverkusen musim ini sangat perkasa. Juara baru Bundesliga itu belum sekali pun tersentuh kekalahan. Dalam 51 pertandingan yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini, anak-anak asuh Xabi Alonso menang 42 kali dan seri sembilan kali. Mereka juga telah mencetak total 143 gol dan baru kebobolan 39 kali.

Pada pertemuan sebelumnya, di babak 16 besar musim 2021/2022, Leverkusen kalah agregat 3-4 dari Atalanta. Kali ini, Leverkusen bakal lebih difavoritkan untuk mengalahkan Atalanta dan meraih gelar kedua mereka.

Di sisi lain, ini kesempatan terakhir Atalanta meraih trofi musim ini. Pekan lalu mereka membuang kesempatan menjuarai Coppa Italia saat dikandaskan Juventus. Kini peluang kedua tidak akan dibuang percuma sekaligus meraih trofi UEL pertama mereka. DNU/JON

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 22 Mei 2024 dengan judul Atalanta Dan Bayer Leverkusen, The Werkself Bawa Misi Treble Winners

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.