Dark/Light Mode

Akan Selalu Dikenang, Jasanya Meloloskan Bafana Bafana Ke Piala Dunia 1998

Legenda Afsel Phil Masinga Meninggal Dunia

Senin, 14 Januari 2019 08:31 WIB
Phil Masinga, menghabiskan dua tahun pertamanya di Liga Inggris bersama rekan senegara Lucas Radebe. (Foto: BBC/Getty Images)
Phil Masinga, menghabiskan dua tahun pertamanya di Liga Inggris bersama rekan senegara Lucas Radebe. (Foto: BBC/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemain Afrika Selatan pertama yang menjejakkan kaki di Liga Inggris dan meloloskan negaranya ke Piala Dunia untuk kali pertama, Phil Masinga, meninggal dunia di usia 49. Asosiasi Sepakbola Afrika Selatan (SAFA) mengatakan, Masinga yang menghembuskan napas terakhirnya di sebuah rumah sakit di Johannesburg. Ia meninggal setelah menjalani pengobatan kanker, yang baru terdiagnosis sebulan sebelumnya. 

"Kami telah kehilangan raksasa sepakbola Afrika Selatan. Ini adalah hari yang menyedihkan dalam sejarah sepakbola kami," ungkap Presiden SAFA, Danny Jordaan. 

Baca juga : Bikin 11 Aksi Penyelamatan, De Gea Memang Mantap

Seminggu lalu, Jordaan mengatakan telah mengunjungi Masinga di rumah sakit, dan berencana menengoknya kembali pekan ini. "Gol yang dicetaknya dalam laga melawan Kongo dan meloloskan kami ke Piala Dunia adalah yang terhebat, dan tak akan pernah kami lupakan," imbuh Jordaan. 

Duka mendalam juga dirasakan Lucas Radebe, rekan senegara yang pernah merumput bersama Masinga di Leeds United pada 1994-1996. "Dalam sepakbola, kami bersaudara. Kami sedih kehilangan legenda Masinga banyak menginspirasi saya. Bagi kami orang Afrika, bisa bermain di Liga Inggris adalah suatu kebanggaan," ujar Radebe, seperti dilansir BBC. 

Baca juga : Indra Sjafri Ganti Kiper Dan 2 Gelandang Di Timnas Indonesia U-22

Usai bermain untuk Leeds United, Masinga melanjutkan karier sepakbolanya di St Gallen, Swiss serta Salernitana dan Bari, Italia. 

Masinga membukukan 58 kali penampilan untuk timnas. Namun, prestasi legendarisnya tercatat saat ia mencetak gol dalam pertandingan melawan Kongo di Stadion FNB, Johannesburg, tahun 1997. Gol itu sukses mengantar Bafana Bafana ke Piala Dunia 1998 Prancis. [HES/BBC/AP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.