Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024, Donnarumma Didaulat Jadi Kapten Timnas Italia

Senin, 3 Juni 2024 10:04 WIB
Gianluigi Donnarumma. (Foto : ist)
Gianluigi Donnarumma. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kiper klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) asal Italia, Gianluigi Donnarumma, dipercaya menjadi kapten Timnas Italia untuk Piala Eropa (Euro 2024).

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti, menunjuk Gianluigi Donnarumma sebagai pemimpin di lapangan.

Sebelumnya, Ciro Immobile adalah kapten Timnas Italia. Kini Ciro  harus digantikan oleh kiper berusia 25 tahun itu setelah tak masuk dalam tim di Euro 2024.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Bek Inter Milan Francesco Acerbi Absen Bela Italia

Donnarumma sudah beberapa kali dipercaya sebagai kapten Timnas Italia saat tampil di UEFA Nations League A, FIFA Matchday, dan Kualifikasi Euro 2024.

Kini, Gianluigi Donnarumma diberikan kesempatan penuh untuk memimpin rekan-rekannya dalam ajang tertinggi di benua Eropa tersebut.

Gianluigi Donnarumma pun mengaku bangga dipercaya sebagai kapten Timnas Italia. Ia sudah belajar dari Giorgio Chiellini serta Gianluigi Buffon yang pernah menjabat sebagai kapten Timnas Italia.

Baca juga : Piala AFF U-19, Lawan Berat Timnas Indonesia Cuma Filipina

“Ban kapten memberi saya banyak tanggung jawab. Saya sangat bangga memakainya, ini sangat menyenangkan dan merupakan sebuah kehormatan,” ujar Gianluigi Donnarumma, dilansir Football Italia, Minggu (2/6/2024).

“Saya mencoba untuk memberikan contoh, menjadi diri saya sendiri. Saya memiliki banyak contoh seperti Chiellini, Bonucci, atau Buffon, jadi saya juga mengambil sesuatu dari mereka,” ujarnya.

Meski berada di Grup B bersama Spanyol, Kroasia, dan Albania, Donnarumma memperingatkan lawan-lawan Timnas Italia bahwa timnya akan mengalami kesulitan karena setiap pertandingan dianggap seperti laga final. Ia yakin rekan-rekannya bakal memberikan penampilan terbaik di Euro 2024.

Baca juga : Dalam Rangka HLUN 2024, Risma Gencarkan Operasi Katarak Gratis Untuk Lansia

“Grup ini sulit, tetapi juga sulit bagi tim lain karena mereka tahu bahwa mereka akan menghadapi Italia yang kuat. Kami berpikir secara bertahap, kami harus menghadapi setiap pertandingan seolah-olah itu adalah final,” jelas Donnarumma.

“Kami harus mempersiapkan diri dengan baik, karena semuanya akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya pikir semua pemain bisa memberikan sesuatu yang penting,” tandasnya.

Euro 2024 berlangsung di Jerman dari 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024 mendatang. Timnas Italia berambisi mempertahankan gelarnya, setelah edisi sebelumnya sukses mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.