Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024, Der Panzer Masih Andalkan Si Muller

Rabu, 29 Mei 2024 11:04 WIB
Thomas Muller. (Foto : ist)
Thomas Muller. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 sudah di depan mata. Kompetisi sepak bola elit negara-negara Eropa ini dijadwalkan berlangsung Jumat, 14 Juni 2024 hingga Minggu, 14 Juli 2024 di Jerman.

Timnas Jerman yang berjuluk Die Mannschaft akan tampil sebagai tuan rumah Euro 2024 ini. Sebagai tuan rumah, Timnas Jerman yang juga sering dikenal dengan Der Panzer mendapat banyak keuntungan. Namun mereka juga dibebani tanggungjawab untuk menyudahi puasa gelar 28 tahun.

Bagi Jerman, ini menjadi kedua kalinya mendapat kehormatan sebagai tempat penyelenggara Euro. Kali pertama terjadi pada 1988 ketika reunifikasi dari Jerman Barat dan Jerman Timur.

Dalam momen pertama sebagai tuan rumah, Jerman hanya bisa menembus semifinal dengan posisi peringkat ketiga.

Timnas Jerman tercatat tiga kali sukses mengangkat trofi pada edisi 1972, 1980, dan 1996. Kemenangan pada edisi 1996 menjadi yang terakhir dirasakan oleh mereka dan sejak saat itu mereka belum lagi mencicipi juara.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Spalletti Mulai Seleksi Pemain Italia

Puasa selama 28 tahun Piala Eropa jelas menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi Jerman. Meski demikian, ditunjuknya sebagai host Euro 2024 diharapkan terangkat prestasinya apalagi dalam turnamen-turnamen besar terakhir jeblok.

Terdekat pada Euro 2020 lalu, langkah mereka terhenti di babak 16 besar usai dijegal Inggris. Sebagai tim spesialis turnamen, kesempatan untuk membuktikan diri sebagai salah satu kekuatan besar Eropa bisa dibangkitkan lagi oleh Thomas Mueller Cs.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann, membuat sejumlah kejutan dalam daftar skuad Der Panzer untuk Euro 2024 ini. Thomas Muller yang sudah berusia 34 tahun masih dipanggil bergabung dalam skuad.

Tidak ada yang meragukan kualitas Thomas Muller. Bintang Bayern Munchen itu telah jadi pemain inti Jerman sejak tahun 2010 lalu, selalu tampil apik di Piala Dunia.

Persoalannya, Thomas Muller mulai mengalami penurunan kualitas di ujung kariernya. Dia juga lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti di Bayern Munchen musim ini, jarang bermain penuh.

Baca juga : Euro 2024, Ronaldo Belum Tergantikan Di Timnas Portugal

Karena itu, muncul keraguan soal keputusan Nagelsmann memanggil Muller, mengingat ada banyak pemain muda berbakat yang pantas diberi kesempatan membela Timnas Jerman.

Thomas Muller sudah berusia 34 tahun dan mungkin tidak bisa bermain penuh selama 90 menit. Nagelsmann sebagai pelatih juga tidak membantah, tentu ada penurunan level permainan Muller yang tidak bisa dipungkiri.

Meski begitu, Nagelsmann mengungkapkan bahwa ada peran penting lain yang bisa diambil Muller selain di lapangan. Muller kini adalah sosok pemain senior di Timnas Jerman, kehadirannya di tim sangat penting.

“Peran dia (Muller) jelas, dia akan mendapatkan sedikit menit bermain, bahkan mungkin tidak selalu jadi starter,” tutur Julian Nagelsmann.

“Dia mengenalkan Aleks Pavlovic (kepada staf DFB) dan itu sudah banyak menjelaskan perannya. Dia adalah penghubung dalam tim. Begitulah dia, itu bagus bagi kami,” lanjutnya.

Baca juga : Mitra Bukalapak Perluas Cakupan Literasi Keuangan Ke Medan

Kehadiran Muller di ruang ganti dan di bangku cadangan bakal sangat penting bagi skuad Jerman, apalagi jika dia diberi kesempatan turun dalam 15 menit akhir pertandingan dan semacamnya.

Die Mannschaft mendapat beban untuk menyudahi puasa gelar 28 tahun. Euro 2024 ini menjadi perhelatan yang istimewa bagi Timnas Jerman. Pasalnya, Jerman didapuk menjadi tuan rumah untuk kejuaraan Piala Eropa edisi ke-17.

Timnas Jerman akan membuka turnamen yang  berlangsung Jumat, 14 Juni 2024 hingga Minggu, 14 Juli 2024 di Jerman ini melawan Skotlandia, sebelum menghadapi Hongaria dan Swiss di Grup A.

Sebelum turnamen, Tim Panser akan menjalani dua pertandingan persahabatan, yakni melawan Ukraina pada Senin, 3 Juni 2024, dan Yunani pada Jumat, 7 Juni 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.