Dark/Light Mode

PB ABTI Pede Timnas Bola Tangan Indonesia Ukir Prestasi Di AUG Surabaya

Selasa, 11 Juni 2024 16:58 WIB
Ketum Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)
Ketum Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim bola tangan putra indoor Indonesia bertekad meraih prestasi terbaik di ajang di ASEAN University Games (AUG) di GOR Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada 25 Juni-6 Juli 2024.

Menurut Ketua Umum Bola Tangan Indonesia (PB ABTI) Zulfydar Zaidar Mochtar, AUG merupakan ajang tampilnya atlet dari kalangan mahasiswa.

"Ini cikal bakal tim mahasiswa Indonesia di multi event Asia maupun dunia. Dengan harapan, pembinaan dan prestasi atlet bola tangan Indonesia berkembang cepat di tingkat internasional. Kami yakin atlet Indonesia bisa mengukir prestasi di ASEAN University Games," kata Zulfydar di Jakarta, Selasa (11/6).

Saat ini, menurut Zulfydar, Timnas Indonesia yang sudah terbentuk bersiap menyesuaikan suhu udara dan tempat pertandingan di GOR ITS mulai 22 Juni 2024 mendatang. "Mudah-mudahan para atlet kita bisa meraih prestasi terbaiknya," ujar Zulfydar.

Baca juga : Deglo Gebuk Juara Dunia

Zulfydar mengapresiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan BAPOMI Pusat yang memberikan peluang cabang bola tangan dipertandingkan di multi event antar mahasiswa ASEAN.

"Saya juga mengucapkan Terima kasih pada Rektor ITS Surabaya, Bambang Pramujati yang menyediakan tempat pertandingan di GOR di kawasan kampusnya. Semoga ini bisa menarik minat para mahasiswa menekuni dan mengembangkan prestasi olahraga bola tangan kampus ITS nantinya," jelasnya.

Zulfydar mengatakan pemain bola tangan putra yang terjaring masuk Timnas adalah, Satria Jaya Faturachman, Muhamad Fadly dan Hendro Prasetyo, Abid Abiyu Cadafi, Geraldo, Fadhika Alfikriasyah, Zainudin, Doni Priawan, Anggara, Septa Ami Maulana,  Alfian Ardiyansah, Gimas Fathurohman, Derril, dan Muhammad Aryasatya Hidayat Noor.

"Para pemain itu ditempa pelatih Muhamad Arif yang dibantu dua asisten pelatih Slamet Sukriadi dan Hibain Sila Perdana. Adapun ITO (International Technical Official) diberikan pada Patra Aghtiar Rahman dan Eka Prasetyo," katanya. 

Baca juga : Timnas Indonesia Takluk 0-2 Lawan Irak

Terpisah, Pelatih bola tangan nasional Muhamad Arif optimis anak asuhnya dapat meraih prestasi optimal di ASEAN University Games (AUG) di Surabaya. 

"Yang terjaring masuk Timnas bola tangan prestasinya sudah cukup teruji di berbagai event, baik tingkat nasional maupun internasional," kata Arif.

Arif  menambahkan Timnas bola tangan Indonesia sudah berangkat lebih awal ke Surabaya. Ini untuk mencoba lapangan dan penyesuaian udara di Surabaya yang dikenal panas. 

Dengan melakukan latihan sebelum tampil dalam pertandingan, katanya, bisa membuat koordinasi lebih awal antara pemain yang satu dan lainnya.

Baca juga : Stafsus BKPM Pastikan Indonesia Pilihan Tepat Untuk Investasi Hijau

"Karena kekompakan tim harus utuh saat menghadapi lawan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan yang dilakukan," jelas Arif lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.