Dark/Light Mode

Begini Skenario Timnas Indonesia Lolos Ke Piala Dunia 2026

Kamis, 23 Mei 2024 05:21 WIB
Timnas senior Indonesia. (Foto : Ist)
Timnas senior Indonesia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Shin Tae-yong sudah memanggil 22 pemain untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Satu kemenangan sudah cukup mengantarkan skuad Garuda lolos putaran ketiga Piala Dunia.

Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kualifikasi. Dua laga ini akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Menghadapi Irak pada 6 Juni pukul 16.00 WIB dan lawan Filipina pada 11 Juni pukul 19.00 WIB.

Dua laga ini sangat penting bagi skuad Garuda. Jika setidaknya mampu meraih satu kemenangan mengantarkan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Pelatih Shin Tae-yong tidak memanggil Elkan Baggott dan Marc Klok. Selain itu juga tidak ada Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, dan Hokky Caraka.

Baca juga : Ini Skuad Sementara Tiga Singa Di Piala Eropa 2024

Sementara itu, nama-nama langganan seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner dan lain-lain masih tetap menghiasi skuad Garuda.

Sebelumnya, Indonesia menang dua kali atas Vietnam pada dua laga terakhir. Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengemas tujuh poin dari empat pertandingan. 

Indonesia terpaut lima poin dari Irak yang sudah memastikan tempat di putaran ketiga di posisi puncak, dan unggul empat poin dari Vietnam di posisi ketiga.

Dengan ini, secara matematis, Garuda hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke putaran ketiga, pintu yang lebih dekat ke Piala Dunia 2026 pertama kali dimainkan di tiga negara yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Baca juga : KLHK Dan UNIDO Kolaborasi Kejar Target Indonesia Bebas PCBs 2028

Apabila lolos ke putaran ketiga, Indonesia akan bergabung dengan 17 negara lainnya yang akan dibagi dalam tiga grup dimana dua tim teratas setiap grup memastikan tiket otomatis ke Piala Dunia 2026.

Namun jika Indonesia imbang atau seri pada dua kali melawan Irak dan Filipina dan di sisi lain Vietnam meraih dua kali kemenangan, maka Indonesia masih lolos ke putaran ketiga apabila unggul selisih gol.

Indonesia memiliki selisih gol 0 setelah mencetak enam gol dan kebobolan enam gol dari empat laga putaran kedua. Untuk Vietnam, The Golden Stars saat ini memiliki selisih gol minus tiga setelah hanya mencetak dua gol dan kebobolan lima gol.

Jika Indonesia seri sekali dan kalah sekali, pasukan Shin Tae-yong masih dapat melaju ke putaran ketiga jika Vietnam hanya meriah satu kali kemenangan.

Baca juga : Indonesia Nihil Gelar

Jika Indonesia menelan dua kali kekalahan melawan Irak dan Filipina, maka Merah Putih masih dapat lolos ke putaran ketiga.

Skema ini dapat terlaksana apabila Vietnam meraih satu kemenangan dan sisanya kalah. Indonesia juga masih dapat lolos ke putaran ketiga apabila Vietnam meraih satu kemenangan dan satu kali imbang, dengan catatan selisih gol mereka tak lebih baik dari Indonesia.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.