Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kualifikasi Piala Eropa

Italia Vs Bosnia, Bukan Cuma Soal Rasisme

Kamis, 14 November 2019 15:33 WIB
Roberto Mancini. (Foto : Istimewa)
Roberto Mancini. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bosnia Herzegowina akan bentrok dengan Italia yang akan berlangsung di Bilino Polje Stadium. Mereka bertarung dalam lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup J di pekan ke-9, Sabtu (16/11) pukul 02.45 WIB.

Bosnia Herzegovina saat ini menempati posisi keempat klasemen dengan mengoleksi 10 poin. Sedangkan tamunya Italia saat ini menempati puncak klasemen dengan mengoleksi dua poin.

Pada laga terakhirnya, Bosnia Herzegovina menelan kekalahan saat bertandang ke markas Yunani dengan skor 2-1 pada bulan la­lu di ajang Kualifikasi Euro 2020.

Baca juga : Portugal Vs Lithuania, Ronaldo Siap Tempur

Dengan kekalahan tersebut, Bosnia Herzegovina telah menelan tiga kekalahan dalam lima laga terakhirnya di semua ajang, rincian dua kali menang tiga kali kalah.

Sedangkan tamunya Italia, pada laga terakhirnya justru meraih kemenangan dari tangan tuan rumah Liechtenstein dengan skor yang berkesudahan 0-5 tanpa balas pada bulan lalu di ajang Kualifikasi Euro 2020.

Deng­an kemenangan tersebut, Italia tidak pernah kalah dan seri dalam lima laga terakhirnya di semua ajang. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Juni lalu di ajang Kua­lifikasi Euro 2020, saat itu Italia menang atas tamunya Bosnia Herzegovina dengan skor 2-1.

Baca juga : Berantem, Sterling Dicoret Dari Daftar Pemain Inggris

Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) meminta pelatih Timnas Italia Roberto Mancini untuk memanggil Mario Balotelli. Hal itu dianggap efektif untuk mengatasi masalah rasial di sepak bola Italia. Namun, Mancini menolak saran tersebut. Ia tak akan memanggil pemain hanya karena alasan untuk menyampaikan suatu pesan.

“Ketika saya memanggil Mario Balotelli, itu karena ia pantas mendapat panggilan tersebut. Bukan karena warna kulitnya,” ujar Mancini. “Saya menghargai saran dari presiden, namun bukan itu cara untuk mengatasi masalah rasial di sepak bola Italia. Semua pemain yang ada dalam skuat Timnas Italia telah bekerja keras untuk membuktikan kalau mereka pantas, hal itu sama berlaku kepada Balotelli,” ungkap Mancini.

Masalah rasial di Serie A semakin meningkat pada musim 2019-20. Romelu Lukaku sempat mendapat ejekan ketika Inter Milan berhadapan dengan Cagliari. Teranyar, kejadian tidak menyenangkan itu dialami Balotelli saat membela Brescia melawan Hellas Verona.

Baca juga : Hong Kong Taklukkan Timor Leste 2-1

Balotelli meluapkan kekesaannya dengan menendang bola ke arah suporter. Selain itu, Balotelli sempat mengancam akan keluar dari lapangan. Hal itu membuat FIGC meminta Mancini untuk menyertakan Balotelli pada laga yang dilakoni Italia. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.