Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Italia Vs Albania, Ujian Perdana Juara Bertahan

Jumat, 14 Juni 2024 14:18 WIB
Para pemain Italia. (Foto : ist)
Para pemain Italia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juara bertahan Piala Eropa, Timnas Italia, akan memulai pertandingan pertamanya di Euro 2024 melawan Timnas Albania.

Duel Italia vs Albandia digelar di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada Minggu (16/6/2024), pukul 02.00 WIB.

Italia datang ke Jerman mengusung sebuah misi besar. Juara Euro 2020 itu bertekad mempertahankan gelar mereka. Albania akan menjadi ujian pertama.

Dalam empat laga uji coba jelang Euro 2024, Italia tiga kali menang dan sekali imbang. Italia menang 2-1 atas Venezuela, menang 2-0 atas Ekuador, imbang tanpa gol dengan Turki, dan menang 1-0 atas Bosnia.

Dalam dua uji coba terakhirnya, Albania selalu menang dan mencetak tiga gol. Albania mengalahkan Liechtenstein 3-0, kemudian menundukkan Azerbaijan 3-1.

Enam gol Albania dalam dua laga itu dicetak oleh enam pemain berbeda. Mereka adalah Armando Broja, Jasir Asani, Ernest Muci, Nedim Bajrami, Rey Manaj, dan Qazim Laci.

Albania punya rekor buruk melawan Italia. Dalam empat pertemuan dengan Italia sejauh ini, Albania selalu tumbang.

Baca juga : Alcaraz Dan Nadal Siap Tempur

Pertemuan Italia dengan Albania ini adalah pertandingan pertama mereka di Grup B Piala Eropa 2024

Secara pertahanan Italia memiliki lini belakang yang solid, meski tidak spektakuler, dan keterampilan Gianluigi Donnarumma, di bawah mistar, bisa menjadi sangat penting bagi kesuksesan mereka. 

Stabilitas lini tengah sangat baik bagi Gli Azzurri dengan pemain seperti Nicolo Barella dan Jorginho. Kurangnya pencetak gol kelas atas juga menjadi kekhawatiran bagi juara bertahan Eropa dan pemain seperti Federico Chiesa serta Gianluca Scamacca harus mengambil alih untuk mengatasi masalah itu.

Pelatih Timnas Albania, Sylvinho, secara mengejutkan membuat keputusan untuk mencoret Sokol Cikalleshi dari skuad Euro 2024, meskipun sang striker menjadi pemain reguler di kampanye kualifikasi.

Mergim Berisha dan Thomas Strakosha dari Brentford bersaing untuk menjadi starter di gawang. Ada banyak nama familiar di skuad Albania untuk melawan Italia, termasuk Berat Djimsiti, yang memenangkan Liga Eropa bersama Atalanta, dan Kristjan Asllani yang merumput di Inter Milan.

Kesuksesan Albania lolos Euro 2024 tak lain karena tangan dingin pelatih anyar mereka, Sylvinho. Sylvinho dihadapkan dengan tugas lebih berat dengan menantang tiga tim kuat di Grup B, Timnas Italia, Spanyol, dan Kroasia.

Mantan pemain Barcelona dan Manchester City tersebut mengaku tidak ada tekanan apapun meski terjebak di grup neraka.

Baca juga : Spanyol Vs Kroasia, Saatnya Matador Muda Beraksi

“Di bawah tekanan? Tidak, kami tidak ada tekanan,” kata Sylvinho saat diwawancarai AP.

“Dalam dunia sepak bola, setiap pertandingan adalah sebuah keajaiban. Segalanya bisa terjadi. Banyak hal terjadi, kami harus pergi ke sana dan bermain serta berkembang di sana,” ujarnya.

Meski demikian, Sylvinho mengakui ketiga pesaing grup B Euro 2024 memang bukanlah lawan mudah.

“Kami tahu kekuatan lawan kami. Mereka bermain bukan untuk lolos grup tapi untuk memenangkan (Kejuaraan) Eropa,” tegasnya lagi.

Namun tekad, Sylvinho pun tak kalah besar. Ia tak ingin Albania hanya menjadi penggembira saja di babak grup.

“Kami ke Jerman untuk menunjukkan kepercayaan diri, kekuatan hati, dan semangat tim kami. Itulah yang harus kami tunjukkan di Eropa,” tandasnya.

Sedangkan, gelandang Timnas Italia, Jorginho, mengakui bahwa Grup B Euro 2024 merupakan grup yang sulit.

Baca juga : Terima Finalis Putri Otonomi 2024, Ketua MPR Ajak Promosikan dan Majukan Daerah

“Ya, ini adalah grup yang sulit dengan tim-tim hebat. Ini adalah grup yang akan membuat kami sibuk,” ujarnya pada UEFA.

Akan tetapi Jorginho menegaskan, Italia tak bakal gentar menghadapi para rivalnya di Grup B ini. Ia mengatakan Azzurri bakal bekerja keras demi menghajar siapa pun yang ada di hadapannya.

“Tapi kami akan bermain keras karena kami juga tim yang hebat. Saya pikir ini akan menjadi pertunjukan yang bagus bagi mereka yang mencintai sepak bola,” ujar Jorginho.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.