Dark/Light Mode

Laga Persahabatan, Italia Vs Bosnia

Azzurri Siap Bereksperimen

Minggu, 9 Juni 2024 06:40 WIB
Pelatih timnas Italia Luciano Spalletti. (Foto: AP/Antonio Calanni)
Pelatih timnas Italia Luciano Spalletti. (Foto: AP/Antonio Calanni)

RM.id  Rakyat Merdeka - Italia berpotensi memasang pemain yang bakal diandalkan di Euro 2024 saat melawan Bosnia Herzegovina pada laga persahabatan di Stadion Stadion Carlo Castellani, dini hari nanti. Tapi, tim berjuluk 𝘎𝘭𝘪 𝘈𝘻𝘻𝘶𝘳𝘳𝘪 ini akan bereksperimen tanpa Nicolo Barella karena cedera.

Duel nanti bakal menjadi uji coba terakhir bagi Timnas Italia sebelum mentas di perhelatan Piala Euro 2024 di Jerman dari 14 Juni sampai 14 Juli men­datang.

Karena itu, laga nanti sangat penting bagi mereka untuk me­maksimalkan taktik yang akan mereka gunakan di event empat tahunan itu.

Sebelum bertemu Bosnia & Herzegovina, Italia melakukan pemanasan dengan Turki yang berakhir imbang 0-0. Hasil itu jelas akhir buruk mengingat skuad Italia berisikan banyak pemain top dunia.

Apalagi, Italia adalah salah satu tim yang berstatus kandidat juara Piala Eropa 2024 nanti.

Sementara, Bosnia & Herzegovina adalah tim yang tidak akan berlaga di Euro 2024. Namun, tim berjuluk Zmajevi ini ingin terus meningkatkan kualitas permainan sebelum tampil di UEFA National League A (UNL A) 2024/2025 pada September mendatang.

Baca juga : Alcaraz Tumbangkan Sinner

Sebelum ini, Bosnia telah melakoni uji coba melawan Inggris, yang berakhir 3-0 untuk The Three Lions.

Pelatih Italia Luciano Spalletti tak ingin terlalu memandang hasil imbang 0-0 di laga uji coba sebe­lumnya sebagai torehan minor. Mantan juru taktik Napoli itu menilai masih banyak hal yang bisa dikembangkan timnya jelang berlangsungnya Euro 2024.

Di laga sebelumnya, Italia dan Turki bermain ketat. Gli Azzurri secara keseluruhan hanya ung­gul 3 persen penguasaan bola. Pun dengan jumlah tembakan, Italia menorehkan 11 shot (2 on target), unggul tipis atas Turki 10 shot (2 on target).

“Kami yakin banyak hal telah dilakukan dengan baik, dalam fase non-penguasaan kami melakukannya dengan sangat baik,” kata Spalletti dikutip dari Football Italia, Sabtu (8/6/2024).

Menurutnya, ada hal-hal posi­tif dan lain-lain yang perlu dikaji ulang. Tapi jangan lupa bahwa Turki punya banyak pemain kuat yang bermain di tim papan atas.

Adapun laga selanjutnya mel­awan Bosnia & Herzegovina menjadi ujian terakhir Italia jelang Euro 2024. Saat ini, Spalletti sudah mengantongi 26 nama yang akan dibawa ke Jerman dari sekitar 30 nama yang dipanggil.

Baca juga : Prabowo Dukung Penuh Khofifah

Masing-masing Riccardo Orsolini, Samuele Ricci dan Ivan Provedel dicoret dari skuad, sedangkan Francesco Acerbi sebelumnya telah mundur dari skuad lantaran masalah cedera.

Skuad terkini Italia dihuni tak lebih dari setengah bekas penggawa saat Gli Azzurri men­jadi juara Euro 2020 (2021). Nama yang tersisa di anta­ranya Gianluigi Donnarumma, Alex Meret, Nicolo Barella, Alessandro Bastoni, Federico Chiesa, Bryan Cristante, Jorginho, Giacomo Raspadori, hingga Giovanni Di Lorenzo.

Nampak regenerasi hendak dibangun Spalletti yang mem­besut Italia sepeninggal Roberto Mancini tengah tahun 2023. Spalletti menuturkan, skuadnya saat ini merupakan generasi yang disiapkan untuk masa de­pan Italia.

“Grup ini kurang lebih sama dengan grup yang akan saya bawa di masa depan,” terangnya.

Sementara itu, hal yang sama kini ingin dibangun Bosnia & Herzegovina. Zmajevi datang dengan penyegarah lewat pelatih anyar, Sergej Barbarez. Sang juru taktik telah memulai de­but dengan kekalahan 3-0 dari Inggris. Bosnia di laga itu hanya memegang 25 persen pengua­saan bola dan cuma melepaskan 1 tembakan off target.

Meski gagal mendapatkan ha­sil baik, Barbarez mengaku puas atas penampilan timnya saat ini, yang menurutnya sudah menun­jukan progres. Peningkatan bakal ia upayakan lagi di laga kontra Italia pada akhir pekan waktu setempat.

Baca juga : NU Dapat Lahan Bekas Tambang Perusahaan Ical

“Kami bermain dalam sistem baru, ada pelatih baru, staf pela­tih baru, dan saya pikir itu mem­bawa energi baru dan moral yang baik. Kami perlu melakukannya membiasakan diri sedikit lagi, tapi lihatlah, ini sudah lebih baik dari sebelumnya,” katanya dilan­sir dari laman Federasi Sepak Bola Bosnia & Herzegovina (NFSBIH).

“Kedua pertandingan ini tentu akan menunjukkan kepada kita apa dan bagaimana kelanjutan­nya. Pasti ada hal-hal baik yang akan bermanfaat bagi kita,” tambah Barbarez.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 9 Juni 2024 dengan judul Laga Persahabatan, Italia Vs Bosnia, Azzurri Siap Bereksperimen

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.