Dark/Light Mode

Acara JaKreatiFest Dan FJGS 2024 Meriah

Asyik, Perayaan HUT Jakarta Banjir Diskon

Minggu, 9 Juni 2024 06:50 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) saat menghadiri Opening Ceremony Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) dan Festival Jakarta Great Sale 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (Foto: IG/herubudihartono)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (tengah) saat menghadiri Opening Ceremony Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) dan Festival Jakarta Great Sale 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). (Foto: IG/herubudihartono)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Kota Jakarta semakin meriah dengan digelarnya Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) dan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2024 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024). Apalagi banjir diskon produk.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, dua kegiatan ini merupakan wujud sinergi Pem­prov DKI Jakarta bersama Kan­tor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indone­sia (APPBI) DKI Jakarta.

Menurut Heru, sinergi ini sa­ngat dibutuhkan untuk mengem­bangkan ekonomi di Jakarta. Sejalan dengan perubahan status Jakarta dari Ibu Kota Negara menjadi pusat ekonomi dan bisnis berskala global.

Baca juga : Alcaraz Tumbangkan Sinner

“Hal ini dapat ditempuh deng­an mengoptimalkan ekonomi yang kuat dan terhubung secara global, kapasitas riset dan ino­vasi, serta aksesibilitas yang baik secara intra dan interkota,” kata Heru.

Dia juga memberikan apr­esiasi kepada BI DKI Jakarta atas kontribusi nyata yang di­lakukan selama ini. Seperti pengendalian inflasi, mendorong pertumbuhan investasi dan eko­nomi, pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), digitalisasi, serta penyelenggaraan JaKreatiFest.

Hal ini juga merupakan imple­mentasi dan tindak lanjut dari pengesahan Undang-undang (UU) Daerah Khusus Jakarta, yang membuka peluang besar bagi Jakarta untuk mendorong ekonomi kreatif dan menjadi kota global.

Baca juga : Prabowo Dukung Penuh Khofifah

Melalui strategi Push and Pull yang telah dijalankan oleh BI DKI Jakarta, diharapkan nantinya dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta hingga menembus 5 persen.

Kepala BI DKI Jakarta Ar­lyana Abubakar mengatakan, ada tiga poin utama dalam pe­nyelenggaraan JaKreatiFest 2024, yakni perluasan business matching UMKM dengan lem­baga pembiayaan dan potential buyer; inovasi program dengan menyediakan sejumlah layanan, seperti edukasi dan pendamping­an sertifikasi halal bagi UMKM dan pameran UMKM secara offline dan online; dan talkshow edukatif untuk meningkatkan literasi masyarakat dengan mengangkat topik digitalisasi pembayaran, ekonomi syariah, halal lifestyle, keuangan inklusif dan perlindungan konsumen, UMKM ekspor, serta produk pangan olahan.

“Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pengem­bangan UMKM di Jakarta. Jadi, dapat memperkuat dan mem­perluas akses pembiayaan serta akses pasar pelaku UMKM,” kata Arlyana.

Baca juga : NU Dapat Lahan Bekas Tambang Perusahaan Ical

JaKreatiFest yang dilak­sanakan pada 6-9 Juni 2024 di Mall Kota Kasablanka ini akan berfokus pada pengembang­an dan pemberdayaan sektor UMKM, stabilitas harga, serta digitalisasi sistem pembayaran.

Pada JaKreatiFest 2024, ter­dapat showcase atau pameran dari 79 UMKM, yang terdiri dari 20 UMKM fashion, 20 UMKM food and beverage, 20 UMKM bumbu olahan, 11 UMKM kerajinan/craft, dan 8 UMKM kopi.

Jenis UMKM yang terlibat terdiri dari UMKM binaan BI DKI Jakarta, Dekranasda DKI Jakarta, Dinas Perindus­trian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, serta UMKM Mitra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.