Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Georgia Vs Portugal, Waktunya CR7 Bikin Gol

Selasa, 25 Juni 2024 10:25 WIB
Cristiano Ronaldo. (Foto : Ist)
Cristiano Ronaldo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Georgia akan menghadapi lawan kuat, Portugal pada laga terakhir Grup F Piala Eropa 2024.

Pertandingan bakal dihelat di Stadion Arena Auf Schalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024), pukul 02.00 WIB. Laga ini disiarkan secara langsung di RCTI dan live streaming di Vision+.

Timnas Portugal sudah dipastikan lolos 16 besar Euro 2024, dengan predikat juara Grup F. Tim berjuluk A Seleção das Quinas itu kokoh di puncak klasemen lewat torehan 6 poin.

Anak asuh Roberto Martínez menghajar Ceko (2-1) dan Turki (3-0). Torehan sempurna milik Portugal tidak mungkin lagi terkejar oleh para rival.

Kendati telah menyegel tiket sistem gugur, sorotan kini tertuju pada kapten tim, Cristiano Ronaldo. Kapan CR7 mencetak gol di Euro 2024? Duel pamungkas fase grup kontra Georgia bisa menjadi jawabannya.

Portugal menjadi tim yang paling produktif di Grup F dibanding para pesaing. Mereka telah melesakkan total 5 gol ke gawang Turki dan Ceko. Namun demikian, tidak ada nama Cristiano Ronaldo dalam daftar pencetak gol.

Baca juga : Kebobolan Di Menit Akhir, Pelatih Kroasia: Sakitnya Tuh Di Sini

Dua gol kemenangan kontra Ceko berasal dari aksi bunuh diri Robin Hranác dan lesakan Francisco Conceição. 

Sedangkan partai kontra Turki juga diwarnai aksi bunuh diri Samet Akaydin ditambah sontekan Bernardo Silva dan Bruno Fernandes.

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martínez, menurunkan CR7 sejak menit awal. Posisinya tidak tergantikan sepanjang laga alias bermain penuh selama 90 menit. Tak ada gol yang tercipta.

Menurut catatan Whoscored, Ronaldo mendapatkan rating sebesar 7 dalam penampilan melawan Ceko. 

Eks penggawa Manchester United, Real Madrid, dan Juventus itu sebenarnya melepaskan total 5 kali tembakan. Akan tetapi, tidak ada satu pun yang berbuah gol meskipun 3 di antaranya tepat sasaran.

Pada penampilan kedua meladeni Turki, sang kapten tim kali ini diganjar rating sebesar 8 versi Whoscored. Angka ini hanya selisih 0,2 saja dengan Bernardo Silva yang ditetapkan man of the match via angka 8,2.

Baca juga : Italia Lolos, Ini 8 Tim Yang Sudah Segel Babak 16 Besar

Secara statistik, Ronaldo melesakkan 4 kali tembakan. Lagi-lagi tidak ada gol yang tercipta dari 3 yang tepat sasaran. Meskipun nirgol, CR7 membikin aksi brilian lewat assist kepada Bruno Fernandes.

Padahal, penggawa 39 itu sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Altay Bayindir dan tinggal sontek bola saja. Di luar prediksi, ia malah memberikan bola untuk Bruno dan gol.

“Kami melihat sesuatu yang luar biasa. Di depan penjaga gawang, ia memberikan (bola) kepada Bruno Fernandes. Itu adalah contoh yang harus ditunjukkan di setiap akademi di Portugal dan di dunia sepak bola, karena itu menunjukkan bahwa tim yang paling penting,” tutur Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martínez.

Terlepas dari penampilan di atas lapangan yang masih saja nirgol, Cristiano Ronaldo masih dianggap magnet tersendiri di kubu Portugal. 

Partai pamungkas fase grup menjadi kans untuk membuktikan ketajaman. Bisa jadi, pemilik penghargaan Ballon d’Or 5 kali itu bakal mengamuk ke gawang Georgia.

Di atas kertas, Georgia masih kalah kelas dengan Portugal. Tim yang dibesut Willy Sagnol baru mengemas satu angka saja usai dihajar Turki (1-3) dan imbang kontra Ceko (1-1).

Baca juga : Prancis Vs Polandia, Ayam Jantan Wajib Berkokok

Sebagai juru kunci Grup F Euro 2024, Timnas Georgia yang berjuluk Jvarosnebi masih memiliki kans lolos sistem gugur meskipun peluangnya sangat tipis. 

Penampilan Khvicha Kvaratskhelia dan kawan-kawan juga dianggap cukup bagus lantaran hingga pekan ketiga masih mempunyai kesempatan tembus fase knock-out.

Tim debutan itu setidaknya diprediksi bakal bermain tanpa beban dalam menutup penampilan pamungkas fase grup melawan pemuncak klasemen.

“Kami tidak akan rugi: tentu saja. Tujuan kami adalah mendapatkan pengalaman di Euro. Saya sangat mencintai Georgia, tetapi tidak menyangka kami akan memenangkan turnamen debut. Para pemain penting untuk melihat seperti apa sepak bola level tertinggi. Kami harus banyak belajar, tetapi akan membantu Georgia di masa depan,” tutur Pelatih Timnas Georgia, Willy Sagnol.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.