Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Belgia Bernafas, Kevin De Bruyne Bikin Gol

Minggu, 23 Juni 2024 06:07 WIB
Selebrasi kevin de Bruyne pada laga Belgia vs Rumania di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu (23/6)  dini hari WIB. (Foto : skysport)
Selebrasi kevin de Bruyne pada laga Belgia vs Rumania di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu (23/6)  dini hari WIB. (Foto : skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belgia meriah poin penuh di Piala Eropa 2024 setelah meraih kemenangan perdananya lawan Timnas RumaniaKevin De Bruyne menunjukkan tajinya.

Duel Belgia vs Rumania pada laga kedua Grup E berakhir dengan skor 2-0 untuk Belgia Rumania di Stadion RheinEnergie, Cologne, Minggu (23/6)  dini hari WIB.

Belgia yang kalah di laga pertama dengan skor 0-1 atas Slovakia tampil dominan mencetak dua gol dari Youri Tielemans pada menit ke-2 dan Kevin De Bruyne pada menit ke-80.

Romelu Lukaku tampil apik dan lansung menggebrak di menit awal. Pada menit ke-2, berawal dari umpan pendek Romelu Lukaku, Youri Tielemans  merobek jala gawang Rumania yang dikawal Florin Nita.

Baca juga : Portugal Ke-16 Besar, Ronaldo Tetap Bersinar

Pada menit ke-63, Romelu Lukaku menggandakan keunggulan Belgia saat memanfaatkan umpan terobosan De Bruyne. Namun, seperti halnya melawan Slovakia, nasibnya kembali tak beruntung karena golnya dianulir karena offside.

Gol kedua yang ditunggu Belgia akhirnya lahir pada menit ke-80. Berawal dari tendangan Casteels dari garis pertahanan, bola lambungnya menemui De Bruyne yang berhadapan dengan Dragusin sebagai orang terakhir sebelum kiper.

Pemain Manchester City itu pun memenangi duelnya dengan Dragusin sebelum menaklukkan Nita untuk kedua kalinya dan membawa Belgia unggul 2-0 yang bertahan hingga akhir laga.

"Kami bermain bagus, meski di babak kedua kami memberi mereka beberapa peluang. Namun yang terpenting, kami menciptakan banyak peluang dan kami pantas menang," kata kevin De Bruyne usai laga.

Baca juga : Spalletti: Timnas Spanyol Layak Menang

“Kami membuat beberapa kesalahan dan memberikan beberapa peluang, tapi saya pikir kami bermain bagus dalam menyerang dan bertahan."

"Kadang-kadang Anda menciptakan banyak peluang dan tidak mencetak gol dan pada akhirnya, ada umpan panjang yang datang dan itu menjadi gol. Saya menemukan ruang dan menyentuh bola tepat pada waktunya untuk mendorongnya masuk."

Kevin de Bruyne yakin Romelu Lukaku akan menciptakan gol setelah tiga kali golnya di dua pertandingan dianulir wasit. 

“Kami menciptakan peluang untuknya dan Romelu selalu mencetak gol. Dia merespons ketika dia harus berada di sana dan dia akan mencetak gol lagi di pertandingan berikutnya."

Baca juga : Ditahan Denmark, Southgate Evaluasi Pola Permainan Inggris

"Melawan Ukraina, kami harus bermain seperti hari ini, tapi juga seperti yang kami lakukan saat melawan Slovakia. Kami tahu apa yang harus kami lakukan," jelas Kevin,

Kemenangan Belgia ini membuat semua tim di Grup E memiliki tiga poin sehingga penentuan siapa yang akan lolos ke fase gugur ditentukan pada laga terakhir.

Belgia yang menyodok ke posisi pertama klasemen sementara akan melawan Ukraina pada partai pamungkas, Rabu (26/6) pukul 23.00 WIB di Mercedes-Benz Arena, Berlin.

Sementara untuk Rumania yang berada di posisi kedua melawan Slovakia di Deutsche Bank Park, Frankfurt pada waktu yang sama.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.