Dark/Light Mode

Piala AFF U-16

Indonesia Vs Laos, Garuda Muda Mau Sapu Bersih

Kamis, 27 Juni 2024 05:52 WIB
Para pemain Timnas U-16. (Foto : Ist)
Para pemain Timnas U-16. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Indonesia U-16 akan melakoni laga ketiga penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2024 menghadapi Laos di Stadion Manahan Solo, Kamis (27/6) malam ini.

Pemenang laga ini akan menjadi juara grup sekaligus memastikan lolos ke semifinal. Duel Garuda Muda kontra Laos ini menjadi laga terakhir penyisihan Grup A ASEAN U16 Boys Championship 2024.

Kedua tim sama-sama mengumpulkan enam poin dari dua laga sebelumnya, dan hanya dipisahkan oleh selisih gol. Seusai regulasi, hanya ada 1 tim di setiap grup penyisihan AFF U-16 2024 yang bakal lolos otomatis ke semifinal.

Baca juga : Italia Lolos, Ini 8 Tim Yang Sudah Segel Babak 16 Besar

Satu slot lain akan dimiliki 1 dari 3 runnerup terbaik. Opsi terakhir tentunya tak akan jadi pilihan Tim Garuda maupun Lan Sang. Peluang lebih besar dimiliki tim asuhan Nova Arianto.

Sejauh ini Garuda Muda unggul selisih 2 gol atas Laos. Hasil imbang sebenarnya cukup untuk Putu Panji dan kolega mengamankan jalan ke empat besar.

Pelatih tim U-16 Indonesia, Nova Arianto akan mengubah komposisi pemainnya baik saat melawan Singapura maupun Filipina. Pada laga kedua kontra Filipina, sang pelatih hanya menyisakan sejumlah nama yang tampil di matchday pertama.

Baca juga : Skotlandia Vs Swiss, Murat Yakin Makin Yakin

Nama-nama itu termasuk 3 pencetak gol di partai pembuka, yaitu Putu Panji, Evandra Florata, dan Fadly Alberto Hengga. Demikian pula Nur Ichsan yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Sisanya, di laga kedua, Nova menurunkan nama-nama yang sebelumnya tak terlibat sebagai starter di laga pembuka.

Satu di antaranya termasuk pemain abroad, Lucas Raphael Lee yang menjalani debut. Lucas yang saat ini memperkuat De Anza Force (Amerika Serikat) menjadi 1 dari 2 pemain abroad di skuad Timnas U16.

Baca juga : Piala Eropa 2024: Prancis Kurang Joss, Hidung Mbappe Berdarah

Satu nama lainnya ialah Matthew Baker (Melbourne City U18/Australia) yang sebelumnya tampil di laga perdana, namun tak ditampilkan di laga kedua.

“Yang pastinya kita akan selalu evaluasi ya, kita evaluasi dulu pertandingan hari ini bagaimana pemain tampil maksimal atau enggak termasuk kita mengawasi atau kita melihat video dari tim Laos,” ujar Nova.

Kemungkinan Nova bisa kembali memberi kesempatan bagi pemain abroad tersebut untuk menyatu ke tim. Terutama bagi Lucas. Gelandang 16 tahun itu hanya bermain 1 babak sebelum digantikan Nazriel Alfaro Syahdan di interval babak ke-2.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.