Dark/Light Mode

Indonesia Vs Filipina

Tim Garuda Tak Remehkan Lawan

Selasa, 11 Juni 2024 06:40 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). (Foto: PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY). (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan menjadi harga mati bagi Tim Garuda Indonesia saat menjamu Filipina pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), malam ini.

Timnas Indonesia yang dia­suh Shin Tae-yong (STY) harus puas menempati posisi kedua, setelah di laga terakhir kalah 0-2 atas Irak. Alhasil, Indonesia harus berebut tiket ke babak ketiga dengan Vietnam.

Tapi, Indonesia punya peluang lebih besar karena saat ini duduk di posisi dua dengan koleksi tujuh poin, unggul satu angka atas Vietnam. Jika Skuad Garuda menang lawan Filipina, dipastikan mereka akan lolos menemani Irak.

Sedangkan, perjuangan Vietnam untuk melangkah ke putaran ketiga cukup sulit. Sebab, tim berjuluk The Golden Star Warriors itu akan menghadapi Irak di Basra International Stadium, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

STY meminta publik sepak bola Indonesia memberi keper­cayaan kepada kemampuan tim asuhannya. Pelatih asal Korea Selatan ini berharap Indonesia menang atas Filipina.

Baca juga : Alcaraz Samai Tiga Legenda

“Saya tidak begitu khawat­ir untuk pertandingan yang ini karena kita pasti akan siap mendapatkan tiket ke round tiga kualifikasi Piala Dunia. Mohon kepercayaannya dari masyarakat Indonesia kepada para pemain timnas kita,” kata STY pada konferensi pers pra pertandingan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (10/6/2024).

STY memastikan tetap mem­persiapkan timnya dengan baik, meski secara kualitas Filipina berada di bawah Indonesia. Dia juga yakin dengan kemampuan tim asuhannya sama sekali tidak meremehkan sang lawan.

“Semua orang tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur. Tidak boleh juga kita mundur. Tim Filipina walaupun gagal lo­los, pastinya akan berjuang keras juga lawan Indonesia. Sama juga dengan kita akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan ke­pada para fans,” tutur STY.

Pada pertandingan sebelum­nya melawan Irak, Indonesia sebenarnya cukup mampu mengimbangi sang lawan yang memiliki peringkat FIFA jauh lebih baik. Namun beberapa kesalahan pemain timnas, yang klimaksnya adalah blunder kiper Ernando Ari, membuat Tim Garuda menelan kekalahan 0-2.

Menyikapi kesalahan-kes­alahan yang sempat dilakukan anak-anak asuhnya, terutama Ernando, STY menilai sang pemain telah mendapat evaluasi dan akan tampil lebih baik jika diberi kesempatan bermain.

Baca juga : Terdakwa Dihukum Bayar Uang Pengganti Rp 127 M

“Memang (Ernando) kemarin melakukan kesalahan fatal. Saya pun mengakuinya. Tetapi den­gan kesalahan-kesalahan terse­but pemain bisa berkembang menjadi lebih baik. Saya tidak mempermasalahkan kesalahan tersebut. Ernando dalam persia­pan yang baik juga,” ujarnya.

Penggawa Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen memiliki ambisi besar mencetak gol per­dana di SUGBK. Pemain beru­sia 26 tahun itu pun optimistis Garuda dapat mengunci poin penuh, sehingga melenggang ke putaran ketiga.

“Kita kalah kemarin (dari Irak), tetapi banyak hal positif yang kami dapat. Di laga nanti kami harus memberikan fans kemenan­gan,” kata Oratmangoen dalam konferensi pers jelang laga.

Lebih lanjut, Oratmangoen mengincar gol perdananya di SUGBK. Sejauh ini, dia sudah mencetak satu gol kala melawan Vietnam pada Maret lalu. Tapi, dia belum bisa cetak gol saat Timnas Indonesia bermain di markasnya sendiri.

“Besok akan laga sulit, tetapi saya lihat tim percaya diri dan siap menang. Saya siap mencetak gol perdana di GBK besok,” katanya.

Baca juga : Selesai Rehab,Rame Digibahin Netizen +62

Sementara, Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet menge­luhkan ancaman yang diala­matkan kepadanya dari para penggemar timnas Indonesia, menjelang pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan di­mainkan pada Selasa.

Saintfiet setelah pertandingan Filipina sebelumnya, saat kalah 2-3 dari Vietnam, sempat ditanyai pendapatnya oleh pewarta Vietnam mengenai kemungkinan Vietnam lolos ke putaran selanjutnya.

Sang pelatih hanya memberi­kan komentar jujur mengenai tim asuhannya tetapi disalahpa­hami sebagai perang urat syaraf kepada Indonesia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 11 Juni 2024 dengan judul Indonesia Vs Filipina, Tim Garuda Tak Remehkan Lawan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.