Dark/Light Mode

Sudah Minta Maaf, Kemenpora Maklumi Filipina Soal Salah Bendera Indonesia

Kamis, 28 November 2019 12:57 WIB
Logo SEA Games 2019. (Logo : Istimewa)
Logo SEA Games 2019. (Logo : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia SEA Games 2019 Filipina sudah minta maaf terkait kesalahan pemasangan bendera Indonesia. Sesmenpora Gatot S Dewa Broto berharap publik bisa memaklumi.

"Ini bagian dari kesemrawutan suasana penyelenggaraan di sana. Kami sudah komunikasi dengan salah satu panitia di sana dan mereka minta maaf. Mereka cerita dan mengakui bahwa ini adalah bagian dari kesemrawutan yang terjadi," kata Gatot dilansir CNNIndonesia Kamis (28/11).

Sebelumnya terjadi kesalahan teknis di cabang olahraga (cabor) floorball antara Filipina melawan Indonesia di Up College of Human Kinetics Gym, Senin (25/11). Panitia salah menampilkan bendera Indonesia. Panpel justru mengibarkan bendera lain.

Baca juga : Sheila Dara, Gara-gara Film Kini Bisa Ngelas Besi

Insiden ini menambah daftar buruknya persiapan SEA Games 2019. Sebelumnya, masalah akreditasi yang berantakan dan sistem akomodasi yang lambat, sempat juga terjadi kesalahan teknis yang terjadi di pertandingan jadi perbincangan.

Sesuai arahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Gatot meminta kepada kontingen Indonesia untuk memaklumi keadaan di Filipina.

"Seperti yang sudah disampaikan Pak Menteri [Menpora Zainudin Amali], dengan suasana seperti itu [di SEA Games 2019 Filipina] kita harus banyak maklum karena ini bagian dari solidaritas ASEAN," ujar Gatot.

Baca juga : Tutup Pornas Korpri, Menpora Dukung Eksistensi Korpri untuk Olahraga Indonesia

Kondisi yang terjadi di Filipina juga seharusnya bisa membuat Indonesia bersyukur karena pernah sukses menjadi tuan rumah ajang multievent olahraga yang skalanya jauh lebih besar dari SEA Games, yakni Asian Games 2018. Bahkan sebagai tuan rumah, Indonesia mendapat banyak pujian atas penyelenggaraan yang berhasil.

"Kita justru harus punya rasa syukur dengan tingkat kompleksitas yang sangat tinggi di Asian Games ternyata kita bisa memposisikan diri sebagai bangsa yang mampu menangani persoalan yang lebih rumit. Kalau SEA Games saja sih tidak ada apa-apanya," tegas Gatot.

Kesalahan bendera juga menimpa Malaysia. Insiden terjadi di pembukaan Turnamen Bola Basket Junior Nasional, Senin (25/11/2019). Pada acara tersebut, dibentangkanlah bendera kebangsaan Malaysia. Sayangnya bendera itu berbeda dengan milik Malaysia. Menpora Malaysia Syed Saddiq marah dan sempat ngamuk di Twitter.  [IPL]

Baca juga : USAID Tambah Anggaran Program Pembangunan di Indonesia

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.