Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Hajar Myanmar 4-2, Garuda Lolos ke Final

Sabtu, 7 Desember 2019 18:42 WIB
Timnas Indonesia seusai bertanding mengalahkan Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Thailand, Sabtu (7/12). (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia seusai bertanding mengalahkan Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Thailand, Sabtu (7/12). (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akhirnya lolos ke final SEA Games Filipina setelah melalui pertandingan yang sangat melelahkan melawan Myanmar dengan skor 4-2 di  stadion Rizal Memorial, Filipina, Sabtu (7/12) sore.

Kedua tim memulai laga dengan tempo yang cukup cepat, namun bola masih berkutat dilini tengah karena baik Myanmar ataupun Indonesia belum bisa menembus lini pertahanan lawannya.

Kedua kesebelasan langsung melakukan tekanan sejak menit menit awal agar lawan tak leluasa membangun serangan. The White Angels bermain disiplin setiap kehilangan bola sehingga menyulitkan lawan yang hendak masuk menerobos pertahanan.

Tim asuhan Indra Sjafrie juga tidak mau kalah.Praktis perebutan bola sering terjadi di lini tengah. Tim merah putih mengawali peluangnya pada menit ke-12 melalui sepakan kaki kiri Evan Dimas yang masih dapat ditangkap dengan baik oleh Sann Sat Naing.

Indonesia kembali membuka peluang pada menit ke 18.Peluang itu bermula dari serangan balik dari sayap, Indonesia memiliki peluang melalui sundulan Osvaldo Haay pada menit ke-18. Skor tak berubah, bola masih melebar dari sasaran.

Menit ke-23 peluang lain bagi Indonesia terbuang percuma karena umpan cut back Saddil Ramdani mampu disapu pemain bertahan Myanmar. 

Baca juga : Indonesia Master Hadirkan Pegolf Amerika

Sebaliknya buat Myanmar sedikit kesulitan menciptakan peluang .Karena pemain-pemain bertahan Tim Garuda cukup sigap mengantisipasi si kulit bundar. Indonesia justru kembali mendapatkan peluang melalui Osvaldo masih mampu diamankan Sat Naing.

Tendangan mantan pemain Persipura Jayapura itu pada menit ke-39 juga masih mampu digapai Sat Naing. Pada pengujung laga sundulan Osvaldo memanfaatkan umpan Saddil juga masih belum mampu mengubah angka di papan skor.

Hingga babak pertama usai, skor 0-0 tidak berubah. Setelah turun minum Indonesia langsung tancap gas. Osvaldo mendapatkan peluang emas untuk mencetak gol, namun bola sepakannya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Myanmar.

Indonesia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-58. Egy Maulana Vikri merangsek kedalam kotak penalti kemudian melepaskan umpan tarik yang langsung disambar oleh Evan Dimas ke gawang yang sudah kosong.

Myanmar terus mendapatkan tekanan dari Indonesia. Saddil dari sisi kiri melepaskan umpan silang yang kemudian disambut dengan sundulan Egy, namun arahnya masih tepat ke pelukan penjaga gawang Myanmar.

Tim Garuda bisa menambah keunggulan menit ke-71 lewat sundulan Egy Maulana Vikri. Bagas Adi melepaskan umpan tendangan bebas kemudian disambut dengan sundulan Egy yang tak bisa diantisipasi oleh lini pertahanan Myanmar.

Baca juga : Indonesia Hantam Brunei 8-0, Garuda Pesta Gol

Tapi tak lama Mynmar berhasil mencetak dua gol dalam waktu satu menit untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Tak ada pemenang dalam laga 90 menit sehingga harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Indonesia langsung melancarkan serangan, tendangan salto Sani Rizki arahnya masih melambung diatas mistar gawang Myanmar.

Indonesia kembali bisa unggul atas Myanmar di babak pertama tambahan waktu melalui sontekan Osvaldo Haay yang memanfaatkan umpan silang Asnawi Bahar. Bola sepakan Osvaldo tak bisa diantisipasi oleh lini pertahanan Myanmar.

Pada babak kedua tambahan waktu, Indonesia mempunyai peluang untuk memperbesar keunggulan, namun tendangan keras Witan dari luar kotak penalti masih bisa diamankan penjaga gawang Myanmar.

Tim asuhan Indra Sjafri berhasil memperbesar keunggulan menjadi 4-2. Sani Rizki dari sisi kanan memberikan umpan tarik pada Evan Dimas yang tak terkawal sehingga dengan mudah menceploskan bola ke gawang Myanmar.

Diakhir laga, wasit memberikan kartu merah pada Aung Naing Win setelah melancarkan tendangan pada Osvaldo Haay yang juga mendapatkan kartu kuning.

Baca juga : Imbangi PSG 2-2, Real Madrid Lolos 16 Besar

Hingga wasit meniup peluit panjang, Indonesia sukses mengalahkan Myanmar dengan skor 4-2 dan berhak tampil di babak final menantang Vietnam atau Kamboja.

Prediksi Susunan Pemain Myanmar (4-4-2)

Sann Sat Naing; Ye Yint Aung, Win Moe Kyaw, Aung Wunna Soe, Ye Min Thu; Hlaing Bo Bo, Lwin Moe Aung, Myat Kaung Khant, Htet Phyoe Wai; Aung Naing Win, Aung Kaung Mann

Pelatih: Velizar Popov

Indonesia (4-4-2) Nadeo Arga Winata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Andy Setyo Nugroho ; Syahrian Abimanyu, Evan Dimas, Zulfiandi,; Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani

Pelatih: Indra Sjafri

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.