Dark/Light Mode

SEA Games 2019 : Emas Indonesia Sudah Lampaui Target Kemenpora

Minggu, 8 Desember 2019 05:28 WIB
Logo SEA Games 2019
Logo SEA Games 2019

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Indonesia melampaui target Kemenpora dalam perolehan medali SEA Games 2019. Hari ini, Minggu (8/12) peluang medali emas masih bisa bertambah.

Hingga Minggu (8/12) pagi, Indonesia kokoh di peringkat kedua dengan 51 medali emas, 50 perak dan 58 perunggu. Pesaing terdekat Indonesia yakni Vietnam mengantongi 45 emas, 50 perak dan 64 perungggu. Filipina tetap teratas dengan 89 emas, 67 perak dan 65 perunggu.

Padahal sebelumnya, Menpora Zainudin Amali hanya berani mematok 45 sampai 50 medali emas. Kemungkinan medali emas masih terus bertambah.

Baca juga : Gelar Forum Bisnis, Indonesia dan Tiongkok Kembangkan Kerjasama

Hari ini, kontingen Indonesia berpeluang meraih medali emas di cabor boling, bulu tangkis, renang, bola voli, dan atletik.

Sementara Sabtu (7/12), Indonesia meraih tambahan 11 emas, sembilan perak, dan 10 perunggu. Medali emas berasal dari cabang olahraga modern pentathlon di nomor mixed beach triathle relay yang dipersembahkan pasangan Dea Salsabila Putri dan Frada Saleh Harahap.

Selanjutnya medali ditorehkan duet dayung Dendri Al Ghifari dan Ferdiansyah. Spens Stuber Mehue dan Marjuki juga turut menyumbang emas dari nomor kano nomor double 200 meter.

Baca juga : Farrel Tangkas Sumbang Perak SEA Games 2019 Buat Indonesia

Atlet-atlet yang memperkuat tim Indonesia di nomor perahu tradisional ikut menambah koleksi emas Merah Putih setelah menjadi yang tercepat di nomor 12 seaters 200 m putra. Dua karateka yang tampil di nomor kata putra dan putri, Ahmad Zigi Zaresta Yuda dan Krisda Putri Aprilia, juga berhasil menduduki podium tertinggi.

Dua medali emas diraih dari lapangan tenis. Ganda putri, Beatrice Gumulya/Jessy Rompies, dan ganda campuran, Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi, sukses memenangi partai final. Atlet skateboard Sanggoe Darma Tanjung menambah perolehan medali Indonesia pada Sabtu sore.

Sapwaturahman yang turun di nomor lompat jauh putra berhasil menorehkan medali emas dan rekor SEA Games setelah mencatatkan lompatan sejauh 8,03 meter.

Baca juga : Lolos Ke Semifinal, Timnas Indonesia U-22 Siap Hadapi Myanmar

Sementara emas pertama dari cabang renang dihasilkan I Gede Siman Sudartawa yang tampil di nomor gaya punggung 50 meter putra. Kini Indonesia telah mengumpulkan 51 emas, 50 perak, dan 58 perunggu. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.