Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelatih Legendaris Persija, Sofyan Hadi Meninggal

Rabu, 11 Maret 2020 19:58 WIB
Sofyan Hadi. (Foto: Istimewa)
Sofyan Hadi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar duka datang bagi Persija Jakarta. Mantan pelatih dan pemain Macan Kemayoran, Sofyan Hadi meninggal dunia pada Rabu (11/3) di usia ke-69 tahun karena penyakit yang dideritanya.

Sofyan Hadi merupakan legenda hidup Persija Jakarta. Ia berhasil merasakan gelar juara bersama Macan Kemayoran sebagai pemain dan pelatih.

Saat menjadi pemain, sosok yang terbiasa bermain sebagai gelandang ini berjasa memberikan tiga gelar untuk Persija, yakni 1973. 1975 dan 1979.

Baca juga : Persiapan Haji Jalan Terus

Kesuksesan juga diraihnya saat menjadi pelatih. Pada 2001, Ia berhasil membawa gelar juara untuk Persija dengan mengalahkan PSM Makassar di partai final. Gelar ini membuat Persija berhak menyertakan satu bintang di atas logo tanda 10 gelar juara.

“Atas nama seluruh manajemen Persija Jakarta, menyampaikan rasa duka yang sangat dalam atas kepergian Sofyan Hadi. Selamat jalan Coach Sofyan Hadi jasa dan pengabdianmu tidak pernah kami lupakan dan terus kami kenang,” ujar Ferry Paulus.

“Kabar ini tentu membawa kesedihan bagi Persija Jakarta. Almarhum merupakan legenda hidup Persija, Ia berjasa menyumbangkan satu bintang di atas logo Persija dengan meraih gelar sebagai pemain dan pelatih hingga membuat Macan Kemayoran menjadi tim dengan gelar juara paling banyak di Indonesia,” tambah Ferry Paulus.

Baca juga : Puteri Indonesia Tak Hafal, Mungkin Yang Lain Juga...

“Almarhum menjadi inspirasi kita semua dalam mencintai Persija Jakarta. Meski sudah tidak menjadi bagian Persija, Ia masih kerap menyaksikan langsung pertandingan di stadion dan televisi. Ia juga selalu mendoakan Persija,” katanya.

Manajer Persija Bambang Pamungkas menjadi salah satu orang yang paling kehilangan Sofyan Hadi. Bepe menjadi salah satu sosok yang merasakan tangan dingin almarhum saat menjadi pelatih 2001 silam.

Bambang Pamungkas menjadi aktor penting saat Persija mengalahkan PSM Makassar di final Liga Indonesia 2001. Pada partai tersebut Bepe mencetak dua gol pada menit 42 dan 47.

Baca juga : Pulang dari Batam, 3 Orang di Singapura Positif Corona

Menurut pria yang akrab disapa Bepe ini, kepergian almarhum merupakan kabar duka untuk masyarakat sepak bola Indonesia, khususnya Persija Jakarta. Sofyan Hadi adalah salah satu putra terbaik sepak bola tanah air.

Bepe juga mengenang momen indah bersama Sofyan Hadi saat merasakan gelar juara Liga Indonesia 2001 lalu. Menurutnya, almarhum memiliki kedekatan dengan seluruh pemain.

“Berhasil membawa Persija Jakarta menjadi juara baik sebagai pemain maupun pelatih, tentu membuat Coach Sofyan Hadi melekat di hati kami, keluarga besar Persija Jakarta,” ujar Bambang Pamungkas. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.