Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Disetujui RFEF

Final Copa Del Rey Dihadiri Fans

Rabu, 6 Mei 2020 11:01 WIB
Athletic Bilbao ketemu Real Sociedad di final
Athletic Bilbao ketemu Real Sociedad di final

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua finalis Copa del Rey 2019-2020, Real Sociedad dan Athletic Bilbao, memiliki permintaan kepada Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Mereka meminta agar pertandingan yang rencananya digelar di Estadio de La Cartuja, Sevilla, dapat disaksikan penonton.

Gayung pun bersambut, RFEF pun setuju jika pertandingan itu digelar dengan disaksikan penonton.

“Presiden dari Real Sociedad dan Athletic Bilbao selaku finalis Copa del Rey 2019-2020, telah bertemu dengan Presiden RFEF. Mereka meminta kepada RFEF agar final dimainkan secara terbuka,di depan umum. Nantinya, laga final akan disepakati antara ketiga pihak yang terlibat,” tulis pernyataan RFEF.

Sebelumnya, kedua finalis itu sudah sepakat agar pertandingan digelar dengan dihadiri penonton. Sekalipun jadwal pertandingan belum dapat dipastikan.

Baca juga : Inter Milan Vs Fiorentina, Coppa Italia Jadi Prioritas

Ditambah lagi, kedua tim belum pernah menjalani latihan secara resmi lagi sejak aktivitas sepak bola dihentikan pada Maret 2020.

“Hasrat dan keinginan kedua klub selalu ada, sekarang dan sebelumnya, untuk bermain dan menikmati pertandingan final bersama para pendukung. Inilah yang paling kami inginkan. Final dijalani bersama para penonton di tribun,” ungkap pernyataan RFEF.

RFEF memastikan bahwa laga ini baru bisa digelar ketika kondisi kesehatan dan situasi yang memungkinkan. Pertandingan bersifat terbuka untuk umum dan dapat dimainkan di hadapan suporter serta semua pihak yang berkeinginan hadir di stadion.

Selain itu, federasi yang dipimpin oleh Luis Rubiales ini juga menjamin bahwa penampilan kedua tim akan tetap dianggap menjadi bagian dari kompetisi resmi selama musim ini.

Baca juga : Sistem Cukai Bikin Produsen Rokok Hindari Pajak

Sesuai dengan keinginan klub yang berharap laga final dinyatakan sebagai kompetisi resmi dan gelar yang bersifat resmi, maka RFEF akan mengambil langkahlangkah terkait kepastian ini.

Sebelumnya, UEFA sempat menyarankan agar laga final Copa del Rey tidak digelar dan liga domestik dibatalkan. Dengan demikian, jatah untuk klub Liga Spanyol yang lolos ke kompetisi Eropa akan diberikan kepada tim dari peringkat pertama hingga ketujuh.

Real Sociedad saat ini berada di posisi keempat di klasemen La Liga Spanyol 2019/2020 sebelum kompetisi ditunda. Mereka masih berpeluang lolos Liga Champions. Sedangkan Athletic Bilbao menduduki peringkat ke10.

Jika final Copa del Rey tidak digelar, maka harapan untuk lolos ke Eropa bisa saja pupus. Finalis turnamen ini seharusnya mendapatkan jatah menuju babak grup Liga Europa musim depan.

Baca juga : Sembilan Tim Diprediksi Lolos

Meski begitu, gelandang Bilbao, Ibai Gomez mengaku lebih suka bermain di final Copa del Rey dengan kehadiran fans di stadion daripada menang di final tanpa penonton karena laga segera digelar sehingga lolos ke Liga Europa.

“Saya lebih suka opsi itu (tidak ke Liga Europa tapi final Copa disaksikan penonton di stadion) daripada bermain di Liga Europa,” katanya.

Laga final Copa del Rey 2019/2020 sedianya dihelat pada Sabtu (18/4) lalu di Stadion Olimpiade, Sevilla. Namun, karena dampak COVID-19, laga yang mempertemukan dua klub asal Basque tersebut masih ditunda hingga kini. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.