Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Barcelona Vs Gimnastic de Tarragona, Eksperimen “Sersan Koeman”

Jumat, 11 September 2020 05:54 WIB
Lionel Messi dilaporkan sudah kembali latihan bersama tim Barcelona. (Foto : Istimewa)
Lionel Messi dilaporkan sudah kembali latihan bersama tim Barcelona. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Barcelona bakal menjalani dua pertandingan persabahatan sebagai persiapan untuk menghadapi kompetisi musim 2020-2021. Pertandingan pertama yang bakal dilakoni Blaugrana adalah uji tanding menghadapi Gimnastic de Tarragona, Ahad dini hari WIB (13/9). Lalu empat hari kemudian menghadapi Girona.

Situasi di internal Barcelona mulai kondusif setelah sang kapten, Lionel Messi mengurungkan niatnya untuk pindah jelang laga di Estadio Johan Cruyff. Bagi pelatih baru, Ronald Koeman, laga menghadapi Taragona akan menjadi debutnya sebagai pelatih Blaugrana.

Sebagai persiapan Koeman membuat sejumlah perubahan signifikan di kamp latihan Barcelona. Di masa lalu, latihan Barcelona digelar dengan intensitas yang rendah dan banyak toleransi untuk para pemain.

Baca juga : AC Milan Vs Vicenza, Momen Pertahankan Kesempurnaan

Kini, di era Koeman, pemain memberikan segalanya di sesi latihan yang digelar 90 menit. Sebelumnya, latihan Barcelona hanya berlangsung 60 menit. Intensitas latihan juga jauh lebih keras dimana latihan fisik lebih ditingkatkan.

Para pemain senior dilaporkan mulai merasakan dampak latihan keras. Tuntutan Koeman sangat tinggi itu membuatnya dijuluki ‘Sersan Koeman’. Tak hanya soal latihan, Koeman berani mendepak pemain yang tidak sesuai dengan strateginya.

Pemain-pemain seperti Ivan Rakitic, Luis Suarez, Samuel Umtiti, dan Arturo Vidal sudah diminta hengkang. Lionel Messi juga sudah ikut berlatih bersama rekan-rekannya. Meski begitu, saat itu ia hanya berlatih sendiri, tak jauh dari Philippe Coutinho yang juga menjalani program mandiri seusai liburan.

Baca juga : Latihan Virtual Timnas U-19 Indonesia Diperpanjang, Persija Kirim 5 Pemain

Tiga pemain lainnya, Sergio Busquets, Ansu Fati, dan Frenkie de Jong juga mendapat porsi latihan yang berbeda karena baru kembali dari timnasnya masing- masing. Koeman menegaskan, sangat penting para pemain memberikan performa terbaik dan menuju ke arah yang sama.

Eks pelatih timnas Belanda itu juga mengakui keuntungan sebuah tim memiliki pemain seperti Messi. “Anda selalu ingin memiliki pemain terbaik di dunia dalam tim anda, bukan sebaliknya. Sebagai seorang pelatih, saya suka bekerja dengan Messi karena dia memenangkan pertandingan,” ujar Koeman dikutip dari Sport.

Sementara Tarragona baru saja mendatangkan bek kiri Joan Oriol Gracia. Pelatih Toni Seligrat merasa perlu menambal lini pertahanan dengan pemain yang berpengalaman.

Baca juga : Bhayangkara FC Pastikan Jadi Peserta Turnamen Pramusim di Kamboja

Oriol sebelumnya bermain dua musim untuk Lleida Esportiu. Soal pengalaman, pemain berusia 33 tahun itu pernah merasakan 150 pertandingan di La Liga bersama Villarreal, Osasuna, dan Mallorca. Tim Tarragona sudah mempersiapkan diri untuk berlaga di kasta ketiga Liga Spanyol, Segunda Division B Grup 3. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.