Dark/Light Mode

Gandeng Atlet Muda Di Kepengurusan IMI

Bamsoet Ingin Olahraga Otomotif Indonesia Go Internasional

Senin, 4 Januari 2021 17:10 WIB
Ketua MPR yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo (tengah). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024, Bambang Soesatyo, bikin gebrakan dalam membangun IMI. Bamsoet, sapaan akrab Bambang, memasukkan banyak pembalap muda berprestasi dan tokoh senior otomotif Indonesia dalam kepengurusan IMI. Dia yakin, suntikan darah segar dari kaum muda akan membuat IMI lebih hidup, gaul, berwarna, up to date, serta go internasional.

"Banyak generasi muda yang memiliki kemampuan dan prestasi mengagumkan di dunia olahraga otomotif. Semua potensi yang ada tersebut harus kita rangkul bersama. Sehingga, olahraga bermotor atau otomotif Indonesia bisa kembali berjaya di kancah internasional," ujar Bamsoet, usai rapat perdana dengan Tim Formatur Kepengurusan IMI, di Bali, Senin (4/1).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menuturkan, sejumlah nama atlet otomotif Indonesia akan ditempatkan dalam kepengurusan IMI sesuai bidang masing-masing. Di pembalap roda empat ada nama-nama beken kakak-beradik Rifat dan Rizal Sungkar, Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Alvin Bahar, Sean Gelael, Jimmy Lukita, Rio Haryanto, atau Fitra Eri.

Berita Terkait : Undi Give Away Ke-12, Bamsoet Ajak Masyarakat Hayati Pancasila

"Sementara untuk pembalap roda dua ada pembalap wanita Inuk Blazer, crosser senior Johni Pranata, Wawan Tembong, Akbar Taufan, serta Reza. Anak-anak muda berprestasi seperti ini akan kita berikan posisi di kepengurusan IMI," kata Bamsoet.

Tak hanya menggandeng generasi muda, Bamsoet juga merangkul tokoh-tokoh senior di dunia otomotif. Ketum IMI 2015-2020 Sadikin Aksa akan ditempatkan sebagai wakil ketua. Sedangkan, Letjen (TNI) AM Putranto didapuk menjadi Ketua Dewan Pembina IMI. 

"Para senior lain seperti Hutomo Mandala Putera atau Tommy Soeharto, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, Tinton Soeprato, Ricardo Gelael, Prasetyo Edi Marsudi, Komjen Pol (Purn) M Iriawan serta Irjen Pol Sam Budi Gusdian sudah kita hubungi untuk bergabung menjadi Pembina dalam kepengurusan IMI 2021-2024. Dengan semangat 'Standing and Growing Together', IMI ke depan harus semakin solid, mandiri dan berdaya guna, sehingga bisa terus bermanfaat bagi bangsa dan negara," ujar Bamsoet. 

Berita Terkait : Bertemu Pengurus IMI Bali, Bamsoet Ajak Kembangkan Digital Motorsport

Hadir dalam rapat perdana formatur IMI tersebut Mantan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa, Ketua IMI Kepri Usep Rahmat, Ketua IMI Bali I Nyoman Seniweca. Dengan Pengawas IMI Pusat Syamsul Bachri. Sementara, Ketua IMI Sulsel Subhan Aksa izin berhalangan hadir karena ada pemakaman mertua yang juga pembalap senior Alex Asmasoebrata. 

Susunan pengurus lengkap rencananya akan diumumkan dan dilantik oleh Menpora dua pekan depan. Para youtuber papan atas yang memiliki fashion otomotif seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, Gading Marten, Andre Taulany, Jolene Marie dan lain-lain akan memperkuat barisan IMI untuk merangkul potensi anak muda milenial mengukir prestasi dan menembus dunia.

“Agar IMI segera mendunia dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi pasca pandemi covid-19, kami di formatur sepakat untuk menambah bidang tugas yang akan kami mintakan persetujuan dalam Munaslub atau Munasus mendatang. Yakni, Bidang Digital Motorsport dan Internasional,” ujar Bamsoet.

Berita Terkait : Bamsoet: IMI Terus SelenggarakanKegiatan Motorsport Berskala Dunia

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini juga menjelaskan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk berkolaborasi mengembangkan destinasi baru pariwisata otomotif untuk menarik wisatawan dunia. “Sports Automotive Tourism, dipadukan dengan keindahan alam Indonesia akan menjadi andalan baru industri pariwisata nasional. Kita akan gandeng investor dunia untuk membangun beberapa kawasan wisata motorsports Terpadu roda empat seperti balap mobil, drag race, karting, slalom, drifting, time rally, rally & sprint rally, speed off road, adventure off road dan roda dua seperti Balap motor, drag bike, motocross/supermoto, grasstrack, freestyle yang sangat digandrungi jutaan pecinta otomotif dunia,” pungkas Bamsoet.

Di tempat ini juga bisa dilengkapi kawasan modifikasi mobil/motor nasional untuk kebutuhan domestik maupun internasional karena produk modifikasi Indonesia sangat diminati penggemar otomotif dunia. [USU]