Dark/Light Mode

Zainudin Amali Puji Kepri Jadikan Panahan Olahraga Unggulan

Minggu, 22 November 2020 11:54 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora RI Zainudin Amali memberi apresiasi kepada Pemprov Kepri, KONI Kepri, dan Perpani Kepri yang menjadikan panahan sebagai olahraga unggulan daerah.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali saat memberikan arahan Pelatihan Wasit dan Pelatih Panahan Kepri, di PIH Batam, Sabtu (21/11) sore.

Selain layar dan olahraga laut yang menjadi ikon geografis daerah Batam. Menpora RI melihat panahan memiliki peluang untuk dikembangkan.

Baca juga : Rapat Dengan KPK, Kemenpora Jelaskan Transparansi dan Akuntabilitas Tata Kelola Anggaran

"Panahan itu salah satu cabor disamping renang dan atletik yang tidak pernah dicoret dari Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan PON. Kepri yang berani bertekad menjadikan cabor unggulan saya apresiasi, jarang seperti ini di tempat lain," kata Menpora.

Daerah-daerah lain biasanya sibuk mengembangkan olahraga populer, tetapi Kepri justru melirik cabor yang di Olimpiade Seoul 1988 mempersembahkan perak. Harapan besar ketika Indonesia kelak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, panahan berprestasi tertinggi.

"Pelatihan ini luar biasa, semoga lahir atlet berprestasi dan nanti saat Olimpiade 2032 ada atlet dari Kepri," harapnya.

Baca juga : Jadwal Padat, Toni Kroos : FIFA Jadikan Pemain Boneka Untuk Cari Untung

Ada tantangan yang harus dijawab oleh komponen anak bangsa, tertutama yang punya keahlian dalam industri peralatan sarana prasarana olahraga, karena saat ini sebenarnya sudah banyak produksi dalam negeri namun masih belum berstandar internasional, hampir disemua cabor termasuk panahan.

"Alat panahan untuk pertandingan masih harus dari luar negeri karena produk kita belum standar internasional, tantangan buat kita semua," ucap Menpora.

Ketua Perpani Kepri Abdul Razak, meskipun berawal dari menekuni tinju tetapi melihat potensi yang ada berjuang untuk mengembangkan cabor lain yaitu panahan.

Baca juga : Menpora Zainudin Amali Buka Munas PBSI 2020

"Pak Menteri, sebenarnya saya sudah menekuni tinju beberapa tahun, namun saya ingin keluar dari zona nyaman untuk mengembangkan panahan, saya optimis PON 2024 Kepri juara umum cabor panahan," katanya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.