Dark/Light Mode

Cipayung Fokus Olimpiade Tokyo

Selasa, 2 Februari 2021 10:59 WIB
Pasangan ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. (Foto : PBSI)
Pasangan ganda putri, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gagal bersinar di ajang BWF World Tour Finals 2020 di Thailand, tidak membuat pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) patah semangat. PBSI terus melakukan persiapan menuju Olimpiade Tokyo 2021.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky mengaku, saat ini strategi untuk para atlet terus disiapkan. Terutama, untuk sesi latihan.

Baca juga : Jokowi Tidak Main-main

“Kalau untuk Olimpiade, memang harus benar-benar dipersiapkan. Apalagi banyak kejuaraan yang berdekatan, memang ada yang masuk poin Olimpiade ada yang tidak. Tapi untuk pemain-pemain yang akan ikut Olimpiade, nanti saya dengan pelatih mungkin akan berikan latihan khusus tersendiri,” katanya.

Indonesia hanya meraih satu gelar juara dari tiga turnamen Leg Asia di awal tahun 2021 telah usai. Satu-satunya gelar diraih ganda putri Greysia Polii-Apriyani Rahayu di ajang Yonex Thailand Terbuka, 12-17 Januari lalu.

Baca juga : Ayo Fokus Atasi Covid

Dalam dua turna- men lainnya Indonesia tidak berhasil merebut gelar juara. Pada gelaran BWF World Tour Finals 2020. Indonesia hanya kebagian satu medali perak, melalui ganda putra Hendra Setiawan-Mohammad Ahsan. Bahkan di ajang Toyota Thailand Terbuka, 19-24 Januari, tidak ada wakil skuad Indonesia yang lolos ke babak final.

Melihat hasil yang diraih skuad Indonesia di tiga turnamen ini, memang belum memenuhi target. Menurut Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, secara menyeluruh memang ada penurunan, khususnya pada daya juang sang atlet.

Baca juga : PASI Patok Empat Atlet Menuju Olimpiade Tokyo

“Kalau melihat dari permainan pertama di Yonex Thailand Open, ketika mereka harus masuk karantina dulu, kemudian baru latihan. Sebetulanya memang tidak terlalu meng- ganggu. Tapi seperti tidak bebas dari sisi latihan, dan waktu untuk latihannya pun sedikit,” kata Rionny. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.