Dark/Light Mode

Olimpiade, Tokyo Sudah 80 Persen Siap

Senin, 15 Juni 2020 05:48 WIB
Ajang Olimpiade Tokyo. (Foto : Istimewa)
Ajang Olimpiade Tokyo. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Olimpiade Tokyo 2020 memang ditunda tahun depan. Namun, persiapan terus berlanjut di Jepang. Presiden Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori mengungkapkan, sekitar 80 persen fasilitas penunjang telah siap.

Tapi, ada dua venue yang masih menjadi masalah krusial. Yakni, athlete village alias wisma atlet. Bukan soal pembangunannya lelet. Justru, bangunannya yang berupa apartemen sudah jadi. Tapi, sebagian besar unit apartemen tersebut terjual kepada pihak swasta.

Baca juga : Hemat Uang, Olimpiade Tokyo Dibikin Sederhana

Alhasil, panitia lokal harus bekerja sama dengan pemerintah Tokyo untuk bernegosiasi dengan beberapa perusahaan yang terkait dalam pembangunan dan penjualan apartemen. Tujuannya, memastikan lokasi tersebut tersedia saat penyelenggaraan Olimpiade tahun depan. ’

’Kami telah mendapatkan persetujuan untuk menggunakan (wisma atlet dan venue) tahun depan,’’ ucap Mori seperti dilansir Daily Mail.

Baca juga : Oktober, Nasib Olimpiade Tokyo Ditentukan

Selain wisma atlet, problem yang dihadapi panpel adalah gedung Tokyo Big Sight. Gedung di kawasan Ariake Minami tersebut diproyeksikan sebagai lokasi media center utama. Masalahnya, tahun depan sudah ada sejumlah pemesan yang juga ingin menggunakan gedung tersebut. 

’’Namun, dengan kesiapan 80 persen venue dan fasilitas saat ini, kami optimistis masalah tersebut bisa terurai dengan dukungan pemerintah Tokyo,’’ kata CEO Tokyo 2020 Toshiro . Muto. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.