Dark/Light Mode

Perenang Siman Sudartawa Sebut Tahun 2021 Penting Buat Kariernya

Sabtu, 20 Februari 2021 15:11 WIB
Perenang I Gede Siman Sudartawa. (Foto: Istimewa)
Perenang I Gede Siman Sudartawa. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Nah apakah berlatih cukup? Jawabannya tidak. Hal yang menentukan dalam pencapaian tujuan tersebut adalah makanan. Nutrisi yang diasup harus disesuaikan dengan kombinasi yang ideal agar performa dapat terus terjaga dan stabil.

"Menu makanan yang aku konsumsi melalui artikel yang terbit dalam www.kachimeshi-indonesia.com, pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang. Saat ini aku sedang berkonsentrasi untuk mengembalikan kombinasi tubuh yang ideal demi pencapaian yang prima,," ujarnya.

Baca juga : Yang Mau Perpanjang SIM Di Jakarta, Datang Aja Ke 5 Lokasi Ini

"Sama seperti saat aku mencapai performa terbaik di SEA Games akhir tahun 2019 lalu dimana aku memecahkan rekor terbaik milikku sendiri. Targetku adalah untuk mencapai berat badan sekitar 72 – 75 Kg, BMI sekitar 23 - 25 dan PBF sekitar 15 – 17 persen. Apabila kondisi ini tercapai maka aku dapat mencapai performa terbaikku,," ungkap I Gede Saman Sudartawa.

Dibantu pelatih Nutrisionis Olah Raga Profesional, I Gede Saman Sudartawa mengaku makanan yang disajikannya didukung oleh Ajinomoto Indonesia.

Baca juga : Perhatikan Penanganan Cedera Saat Berolahraga

Ia mengaku pihak Ajinomoto Indonesia sangat membantu dalam penyediaan makanannya sehari–hari dimana kadar Karbohidrat, Lemak dan Protein sudah diperhitungkan secara ilmiah.

"Caranya dengan memperhitungkan kilo kalori tenaga yang terpakai sesuai dengan program kepelatihan. Semoga dalam waktu dekat kondisi tubuhku dapat kembali seperti semula. Memang membutuhkan usaha dan disiplin untuk mencapai target latihan, selain komitmen dan displin dalam berlatih, komitmen dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan juga diperlukan," ujarnya. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.