Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Test Drive Kendaraan Listrik Di Sirkuit Sentul

Senin, 1 Maret 2021 23:19 WIB
Test drive motor listrik BS Elektrik di Sirkuit Sentul. (Foto: Istimewa)
Test drive motor listrik BS Elektrik di Sirkuit Sentul. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama legenda balap Indonesia sekaligus CEO Sirkuit Internasional Sentul Tinton Soeprapto, Badan Pembina IMI Pusat Komjen (Purn) Nanan Soekarna, dan Prasetyo Edi Marsudi, mencoba langsung keandalan mobil listrik official car IMI, Hyundai IONIQ, serta motor listrik Bike Smart Elektrik (BS Elektrik) di lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (28/2). Test drive dilakukan sebelum membuka kejuaraan balap motor Jakarta Race Community 2021 yang diselenggarakan IMI DKI Jakarta. 

"Baik mobil ataupun motor listrik memiliki power yang tak kalah dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Bisa dipacu di lintasan balap. Tak heran jika di masa mendatang balapan otomotif akan semakin diramaikan oleh kendaraan listrik. Sebagai pembuka, IMI dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2022 berencana menggelar balapan Formula E, sebuah balapan mobil kursi tunggal yang menggunakan energi listrik," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dalam keterangannya, Senin (1/3).

Baca juga : Bamsoet Bersama Gerak BS Bantu Korban Banjir Jakarta Selatan

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Dorna Sport selaku promotor MotoGP mulai 2019 juga sudah menambahkan balapan motor listrik yang dikenal dengan MotoE. Kehadirannya mendukung seri Grand Prix Balap Sepeda Motor Moto3, Moto2, dan MotoGP. 

"Maraknya balapan kendaraan listrik menunjukkan bahwa kendaraan listrik mulai menjadi primadona pilihan transportasi masyarakat. Jika Indonesia tak bersiap diri dari sekarang, kita bisa tertinggal," jelas Bamsoet. 

Baca juga : Bamsoet Buka Kejuaraan Jakarta Race Community 2021 Di Sentul

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menerangkan, untuk semakin memeriahkan balapan kendaraan listrik, IMI juga akan menggelar balapan kendaraan listrik, baik motor dan mobil, antar universitas di Sirkuit Sentul. Karena banyak sekali mahasiswa dari berbagai universitas yang sudah melahirkan prototype kendaraan listrik. Antara lain Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, hingga Universitas Budi Luhur. 

"Balapan tersebut juga sebagai bentuk apresiasi IMI terhadap kendaraan listrik yang sudah dihasilkan anak bangsa," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.