Dark/Light Mode

Liburan Imlek

Volume Kendaraan Di Tol Trans Sumatera Naik 20,4 Persen

Selasa, 16 Februari 2021 21:42 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kendati Perayaan Tahun Baru Imlek 2021 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap mengalami peningkatan.

PT Hutama Karya (Persero), pengelola JTTS mencatat, puncak VLL kendaraan yang melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra terjadi pada Kamis (11/2).

Baca juga : Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Tahap Satu Sudah Mencapai 95 Persen

Sebanyak 5.845 kendaraan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Jika dibandingkan dengan puncak libur Tahun Baru Imlek di tahun sebelumnya (25/01/20) yang hanya 4.857 kendaraan, VLL kendaraan di tahun ini justru mengalami peningkatan sebesar 20,34%.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan, bahwa VLL kendaraan yang cukup tinggi, karena Imlek berdekatan dengan libur akhir pekan.

Baca juga : Libur Imlek, Kakorlantas Pastikan Arus Kendaraan Puncak Lancar

"Sehingga libur menjadi cukup panjang. Namun, lonjakan lalu lintas kendaraan tidak begitu signifkan," ujar Aries dalam keterangan resmi, Selasa (16/2).

Lebih lanjut ia menambahkan, total kendaraan yang melintas di JTTS melalui pintu masuk GT Bakauheni Selatan sejak hari Kamis (11/2) hingga Minggu (14/2) mencapai 19.829 kendaraan.

Baca juga : Hujan Deras, 5 Kecamatan Di Kota Semarang Terdampak Banjir, 11 Titik Jalan Longsor

Sementara untuk puncak arus balik kendaraan yang keluar dari Pulau Sumatra kembali ke Pulau Jawa, terjadi pada Minggu (14/2). Yaitu sebanyak 6.184 kendaraan melintas di jalur arus balik JTTS melewati Exit Tol Bakauheni Selatan.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelola.
[EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.