Dark/Light Mode

Juara Rally Tanjung Lesung, Ini Jeroan Mitsubishi Xpander AP4

Jumat, 16 April 2021 02:03 WIB
Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: ist)
Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mitsubishi Xpander AP4 dari Xpander Rally Team yang dikendarai pembalap Rifat Sungkar dan navigator M.Redwan berjaya pada event rally nasional bertajuk “Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021” yang digelar di Sirkuit Badak, Tanjung Lesung, Banten, akhir pekan lalu.

Xpander AP4 sudah mendominasi hari pertama. Penampilan Xpander AP4 tetap konsisten hingga akhir lomba dengan catatan waktu total 10 menit 8,2 detik, atau lebih unggul 11 detik atas pesaing mereka yang berada di posisi kedua.

“Lomba kali ini sangat seru. Terjadi persaingan yang cukup ketat dengan M. Rihans dan Ryan Nirwan, saling kejar catatan waktu di tiga SS terakhir. Tapi alhamdulillah kami dapat menutup lomba dengan juara dengan mengandalkan Xpander AP4 yang berbasis dari model Mitsubishi Xpander,” ujar Rifat yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia.

Lalu apa yang membuat Xpander AP4 bisa tak tertandingi? 

Baca juga : Siap Tarung Lawan PSIS Semarang, Ini Pesan Pelatih Arema FC

Rifat mengatakan, Mitsubishi Xpander AP4 dibekali mesin 4B11 yang terlebih dahulu digunakan di Mitsubishi Evolution X atau Evo 10. Mesin tersebut dipangkas kapasitasnya dari 2.000 cc menjadi 1.600 cc dengan turbocharger guna memenuhi regulasi AP4, di mana sang pembalap memakai mobil dari pabrikan yang 80 persen bagiannya tetap dipertahankan.

"Mesin 1.600 cc, bobot minimal 1.230 kg. Kalau mesin 1.800 cc dan beratnya 1.300, itu over weight," kata Rifat dalam akun YouTube-nya.

Kata Rifat, mesin Xpander AP4 mampu menghasilkan daya hingga 350 Tk dengan torsi 555 Nm dan kecepatan maksimal 187 km /jam. Tenaga yang besar itu dikawinkan dengan transmisi sekuensial Xtrac 6-percepatan, diferensial dan gardan satu merek.

Pemilihan girboks ini juga tidak sembarangan. Karena disesuaikan dengan spesifikasi balap reli di kategori AP4 serta R5. Sedangan ECU mengandalkan Motec, dan kontrol diatur perangkat power distribution module (PDM) dengan merek Motec juga. Dengan kombinasi tersebut, mobil lebih mudah dikontrol oleh sang pembalap.

Baca juga : Umur 91 Tahun Ogah Pensiun Jadi Polisi

Mesin 4B11 merupakan generasi teranyar dari 4G63 yang sebelumnya digunakan sebagai dapur pacu Mitsubishi Evolution generasi 1-9. Mesin 4B11 all-aluminium inline-4 GEMA tercatat memiliki tenaga hingga 360 daya kuda. Mesin tersebut memungkinkan mobil dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4,5 hingga 4,7 detik.

Kelebihan lainnya, sebagai sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV), Mitsubishi Xpander punya pengendalian yang sanga baik. Salah satu faktor pendukung adalah bagian kaki-kakinya yang konstruksi kaki-kakinya mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution.

Selain itu bobot aslinya mencapai 1,780 kilogram. Hal ini tentu sangat cocok untuk diubah menjadi mobil reli di kategori AP4. Weight distribution dan weight balance dari mobil MVP andalan Mitsubishi itu sudah sangat ideal untuk berkompetisi di balapan reli.

Seperti mobil reli lainnya, kata Rifat, ubahan yang dilakukan adalah melepas seluruh interior mobil mulai dari jok mobil hingga ke dashboard. Kaca mobil diganti dengan plexiglass agar lebih menyesuaikan peraturan kategori AP4.

Baca juga : Ini 4 Keunggulan Mitsubishi Xpander Dibanding Pesaingnya

President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura mengucapkan selamat dan apresiasi untuk Rifat Sungkar dan Xpander Rally Team yang telah berhasil menjuarai kejuaraan Fortuna Nusantara Tropical Rally 2021 dengan Xpander AP4.

“Ini kembali membuktikan beragam keunggulan Mitsubishi Xpander, yang tidak hanya dapat menjawab kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia sebagai mobil keluarga favorit, namun juara di kompetisi motor sport,” bebernya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.