Dark/Light Mode

Xavi Hernandez Dilirik Barca

Nasib Koeman Digantung

Kamis, 27 Mei 2021 08:31 WIB
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (Foto : Istimewa)
Pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa depan Ronald Koeman di kursi kepelatihan Barcelona semakin tidak jelas. Apalagi Presiden Barca, Joan Laporta, dikabarkan bakal memasang Xavi Hernandez sebagai juru taktik.

Seperti diketahui, Barca di bawah asuhan Koeman memang sukses menyabet gelar Copa del Rey musim 2020-2021. Namun, hal itu belum cukup menjadi pelipur lara bagi Lionel Messi cs setelah beragam kemalangan.

Bagaimana tidak? Musim lalu, tim bermarkas di Camp Nou tersebut alami nirgelar sekaligus krisis finansial berupa utang 1,3 miliar euro (Rp 22 triliun). Sejatinya musim ini Catalan bisa saja menangkan La Liga Spanyol sekaligus raih come back berupa double, hanya saja dalam beberapa laga krusial sisa mereka malah tersungkur.

Baca Juga : KAJURI: Kapal Jukung Ramah Lingkungan Dengan Hybrid Energy System Pelamis-Surya Yang Dilengkapi Light Fishing LED Guna Mewujudkan SDGS 2030

Kehilangan jumlah poin membuat mereka merelakan gelar ke Atletico Madrid. Sebelum ini, dia juga cenderung gagal membangun image di pentas Eropa usai El Barca dipermalukan PSG kala lakoni babak 16 besar Liga Champions. Tak heran, Laporta mulai sangsi akan posisi sang pelatih dan lantas melakukan perundingan.

Mengutip laman Live Soccer TV, terjadi perbincangan makan siang melibatkan kalangan direksi, sang presiden dan sang juru taktik itu sendiri.

Perbincangan yang terkesan penting itu pun sedikit dibocorkan oleh Rob Jansen selaku juru bicara klub. “Rasanya begitu penuh nilai positif. Bahkan mungkin lebih bagus bahwa Ronald akan bertahan sedikit lebih lama (dari kontrak yang seharusnya berakhir 2021-2022). Tapi, kami juga tak memungkiri ada opsi lain yakni mendatangkan Xavi,” ucap Jansen.

Baca Juga : Dudung Benar-benar Melambung

Ketika nasib pelatih asal Belanda itu mulai diragukan, desas-desus kepulangan Xavi pun kian nyata. Situasi ini cukup mengejutkan, mengingat sang mantan playmaker tersebut sudah menandatangani kontrak Al Sadd hingga 2023.

Namun, kabarnya meski legenda klub itu akan mengabdi dua tahun lebih lama di raksasa Qatar, ada klausul khusus yang membuatnya bisa hengkang lebih cepat. Alhasil, jika Barcelona memanggil, dia bisa saja pulang kampung.

Hadirnya pelatih baru nanti ini pun terkesan ironis setelah beberapa pemain incaran Koeman akan berseragam biru merah musim depan. Sebut saja Memphis Depay, Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Georginio Wijnaldum datang dengan status free transfer.

Baca Juga : KPK Radikalis, No! KPK Pancasilais, Yes!

Meski demikian, hadirnya amunisi baru ini bisa jadi lebih bermanfaat bagi Xavi ketimbang Ronald Koeman. Entah benar atau tidak, Barcelona bisa saja memberikan kejutan pada LaLiga Spanyol musim 2021-2022. Terutama soal digantinya Koeman dengan Xavi seperti isu yang beredar hangat belakangan ini. [DNU]