Dark/Light Mode

Nutrisi Tepat Percepatan Rehabilitasi Cedera pada Atlet

Minggu, 30 Mei 2021 21:39 WIB
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa mengkonsumsi nutrisi yang tepat. (Foto: Istimewa)
Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa mengkonsumsi nutrisi yang tepat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nutrisi merupakan salah satu aspek penting bagi kesehatan dan kinerja atlet. Pengetahuan tentang sumber energi dasar juga dapat memberikan informasi penting terkait kebutuhan atlet dalam mengantisipasi cedera. Pendekatan nutrisi telah dianggap sebagai salah satu cara terbaik dalam pencegahan cedera, pemulihan, dan rehabilitasi. 

Ahli gizi profesional di bidang olahraga (Sport Nutritionist) Emilia Achmadi, mengatakan, cedera adalah sesuatu yang normal dari suatu program latihan fisik. Tahap penyembuhan awal segera terjadi setelah trauma cedera berakibat pada respons inflamasi. Ini dapat berlangsung dari hanya beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada sifat cederanya. 

Menurut Emilia, peradangan atau inflamasi ini sangat penting untuk memulai penyembuhan yang optimal. Sebab, proses ini berfokus pada penyediaan antioksidan dan antiinflamasi yang secara alami bisa didapat melalui pemilihan makanan.

"Atlet yang mengalami cedera berat, yang memerlukan pembedahan, harus mendapatkan nutrisi khusus sebagai dampak alami atas respons fisiologis dalam penyembuhan luka," terang.

Dalam keadaan ini, lanjut Emilia, jaringan otot yang tidak aktif dalam 36 jam bisa hilang dan lebih signifikan lagi pada hari kelima.

Pada dasarnya, tujuan rehabilitasi nutrisi adalah menyediakan kalori dan protein yang cukup untuk membantu penyembuhan luka dan mencegah hilangnya massa tubuh tanpa lemak. Melakukan pengukuran antropometri secara teratur selama fase ini akan menunjukkan seberapa efektif proses penyembuhan tersebut. Bahkan, atlet dengan cedera yang lebih ringan semisal kram otot atau cedera pergelangan kaki juga memerlukan perhatian nutrisi khusus.

Pelatih, fisioterapis, dan ahli kesehatan professional lainnya harus memberikan rekomendasi nutrisi dasar selama rehabilitasi, berdiskusi tentang waktu makan yang dapat memaksimalkan proses terapi, dan merujuk pasien ke ahli diet profesional. Sebab, nutrisi memainkan peran penting dalam pemulihan dan rehabilitasi cedera, intervensi nutrisi harus menjadi komponen perawatan standar setelah cedera.

Baca juga : PUPR Dan ATR Percepat Rekonstruksi Bencana Di Sulteng

Salah satu contoh pemberian nutrisi tepat dan seimbang diterapkan perenang nasional, I Gede Siman Sudartawa. Prosesnya dapat dilihat dari video di website www.kachimeshi-indonesia.com. Di dalamnya ada juga informasi dan pedoman mengenai pola nutrisi seimbang untuk meningkatkan sistem imun tubuh di tengah pandemi ini. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.