Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menpora Optimistis Panahan Bisa Tambah Tiket Olimpiade Tokyo

Senin, 14 Juni 2021 15:49 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali optimis Merah Putih bisa menambah wakil atletnya di Olimpiade Tokyo lewat cabang olahraga panahan. Tiket tambahan tersebut akan diperebutkan tim panahan Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Panahan di Paris, Prancis pada 17-19 Juni 2021.

“Saya baru melepas 6 atlet panahan yang akan bertanding kualifikasi Olinpiade Tokyo di Paris.Tentu ini adalah kualifikasi yang kita harapkan untuk mendapatkan tiket Olimpiade. Saya optimis atlet panahan kita untuk beregu bisa menambah jumlah kontingan Indonesia yang akan ke Olimpiade Tokyo," ujar Menpora Amali saat melepas atlet panahan untuk Kejuaraan Dunia Panahan di Paris, Prancis, Senin (14/6) di Lapangan Panahan GBK.

Ia  berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memberi dukungan dengan doa agar mereka bisa berhasil meraih tiket Olimpiade Tokyo.

"Harapan saya, masyarakat Indonesia dapat. membeikan dukungan dan doa supaya agar mereka berhasil. Kita tahu ini bukankah perjuangan yang mudah. Karena itu, dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia sangat di butuhkan,"katanya.

Baca juga : Lima Lifter Indonesia Lolos Ke Olimpiade Tokyo

Menurutnya, cabang olahraga panahan adalah salah satu cabang olahraga yang masuk sebagai cabor unggulan dari 14 cabang olahraga yang dimasukkan di dalam grand design olahraga nasional. Setelah kita diskusi dengan berbagai profesor keolahragaan dan juga uji publik di berbagai perguruan tinggi, dia memutuskan lebih berkonsentrasi kepada cabor-cabor yang mengandalkan teknik dan akurasi.

"Salah satu di antaranya adalah cabang olahraga panahan. Saya kira ketua umum, para atlet, para pelatih dan pengurus harus berbangga bahwa cabor panahan masuk di dalam 14 cabor unggulan," ucapnya.

Namun Menpora Amali mengingatkan bahwa 14 cabor unggulan ini bisa juga dergradasi kalau tidak berprestasi. "Saya ingatkan kepada pengurus, pelatih serta para atlet bahwa kita menggunakan sistem promosi degradasi. Jadi walaupun sudah kita tentukan di dalam grand design ada 14 cabor unggulan tapi kalau tidak bisa berprestasi di Olimpiade maka kita keluarkan dari situ dan kita ganti dengan cabor yang lain," jelasnya.

Ia melanjutkan, panahan yang punya tradisi sejarah medali dari olimpiade bisa bertahan sampai dengan target 2044 di lingkup 14 cabor unggulan.

Baca juga : Perjuangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032 Belum Final

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa setelah berdiskusi berbagai pakar olahraga serta dapat dukungan dari semua pihak maka di Olmipiade 2032, Indonesia bisa masuk 10 besar dunia. "100 tahun Indonesia merdeka atau di tahun 2044, olahraga kita bisa masuk 5 besar. Namun kita harus konsisten dalam pembinaannya, " katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan bahwa panahan adalah olahraga pertama yang meraih medali Olimpiade 1988. Karena itu, Marciano yakin bahwa panahan akan kembali mencetak sejarah di dalam Olimpiade Tokyo.

"Saya yakin juniornya akan mengikuti jejak mereka para senior meraih medali di Olimpiade Tokyo. Saya rasa persiapan yang telah dilakukan oleh PB Perpani sudah maksimal. Insya Allah, nanti mereka bisa memenuhi harapan masyarakat Indonesia," ucapnya.

"Dan doa kami semua kepada tim yang akan mengikuti kualifikasi di Perancis bisa mendapatkan tiket untuk Indonesia ikut beregu panahan pada saat Olimpiade baik putra maupun Putri oleh karena itu selamat berjuang," tambahnya.

Baca juga : Menpora Dukung Pelaksanaan Ekspedisi JKW Keliling Nusantara

Keyakinan Menpora Amali dan Ketua KONI untuk nambah tiket meraih tiket juga diaminkan Ketua Umum PB Perpani, Hj Illiza Sa'aduddin Djamal. Iapun yakin akan menambah dua tiket Olimpiade Tokyo.

"Mudah-mudahan di kualifikasi ini para atlet bisa mendapatkan dua tambahan tiket dari berugu putra dan putri. Dan kita optimsi dari apa yang mereka latihan selama ini. Dari skor yang kita lihat kita bisa mendapatkan tambah tiket di Paris, Prancis. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.