Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peduli Kebugaran, Kemenpora Tingkatkan Kualitas Instruktur Olahraga Lansia

Jumat, 18 Juni 2021 11:52 WIB
Pelatihan instruktur olahraga lansia yang diselenggarakan Kemenpora. (Foto : Kemenpora)
Pelatihan instruktur olahraga lansia yang diselenggarakan Kemenpora. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora terus menggiatkan masyarakat hidup sehat dengan berolahraga di tengah pandemi Covid-19, khusunya untuk para lansia.

Untuk mendapatkan cara olahraga yang benar, Kemenpora menggelar kegiatan pelatihan instruktur olahraga lansia yang berlangsung di Hotel Sahid, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (17/6).

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnata dalam sambutannya menegaskan pentingnya pemahaman yang komprehensif bagi para instuktur olahraga lansia.

Baca juga : Ogah Impor Terus, Kemenperin Perkuat Rantai Pasok Industri Refraktori

"Teori dan praktik akan disajikan pada pelatihan kali ini agar para instuktur memahami secara komprehensif, sehingga mereka tidak asal mengajari bergerak tetapi memahami dasar keilmuannya,” ucap Isnanta.

Sementara, Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Aris Subiyono menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan dari digelarnya acara pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi, pengetahuan dan keterampilan instruktur olahraga lansia dalam membina dan mengembangkan olahraga lansia.

"Data Stastistik Lansia Indonesia tahun 2020 menunjukkan terdapat 9,92% (26,82 juta jiwa) lansia di Indonesia. Ini berarti satu dari 10 penduduk Indonesia adalah lansia. Besarnya jumlah lansia menuntut berbagai upaya meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satuya agar tetap sehat dan bugar melalui olahraga," katanya.

Baca juga : Dirjen Pol Dan PUM Kemendagri Minta Kepala Daerah Tingkatkan Kewaspadaan Dini Masyarakat

Pelatihan yang berlangsung pada 17-19 Juni 2021 ini diikuti oleh 100 instruktur olahraga lansia yang terdiri dari anggota organisasi maupun komunitas olahraga dari seluruh Indonesia.

Peserta pelatihan dari Aceh, Nita Ramayanti mengungkapkan harapannya untuk bisa berkontribusi langsung membimbing olahraga para lansia setelah mengikuti pelatihan.

“Semoga setelah mengikuti acara ini, saya dapat membagikan ilmu yg saya dapatkan kepada para lansia dan pra lansia di lingkungan sekitar saya, agar bisa menjadi lansia yang produktif dan bisa membantu diri saya sendiri tetap bugar di usia lanjut,” kata Nita. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.