Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dua Kali Lebih Cepat Menular

Awas, Varian Delta Incar Anak-anak

Selasa, 8 Juni 2021 05:18 WIB
Ilustrasi virus Corona. (Foto : SHUTTERSTOCK).
Ilustrasi virus Corona. (Foto : SHUTTERSTOCK).

RM.id  Rakyat Merdeka - Varian baru virus Corona B.1.617.2 atau varian Delta sudah masuk Indonesia. Varian ini sudah menyebar di Jakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi membeberkan, ada 32 kasus infeksi virus Corona varian B.1.617.2 di Indonesia. Varian Delta ini terdeteksi dari genom sekuensing.

Virus Corona varian Delta ini sudah masuk di Jakarta, Jawa Tengah (Jawa Tengah), Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Sumatera Selatan (Sumsel). Varian ini dikabarkan lebih menular dari virus Corona varian Alpha yang pernah melanda Inggris.

Baca juga : Buruan, Alih Fungsikan Sarana Umum Jadi Pusat Karantina...

Bahkan, menurut ahli epidemiologi Burnett Institute, Mike Toole, varian Delta lebih menular 50 persen daripada varian Inggris. Artinya, varian delta ini dua kali lebih menular daripada jenis Corona Wuhan asli.

“Ada bukti (varian) delta juga menyebar lebih mudah di antara anak-anak daripada varian lainnya,” kata Toole seperti dikutip ABC.

Netizen meminta masyarakat mewaspadai varian Delta, karena lebih menular dari var­ian sebelumnya. Disiplin protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi tetap menjadi senjata utama.

Baca juga : Ogah Divaksin, Tinggalin Aja

Syaiful Harahap mengatakan, Covid-19 varian Delta lebih menular dibanding varian virus Corona lainnya. @TuitPalembang men­gatakan, virus Corona varian Delta sudah ditemukan di Sumatera Selatan. “Tercatat 32 kasus di 4 provinsi yang mengincar anak-anak,” katanya.

“Waspada, virus Corona varian Delta 40 persen lebih menular,” tambah @Effendy_ Wongso. “Cegah penyebaran varian baru Corona Delta dengan disiplin prokes,” sa­ran Indonesia Update.

Mulyanarais mengatakan, butuh kerja sama antara petugas kesehatan dan masyarakat dalam melawan penularan varian Corona Delta. Dia juga meminta masyarakat selalu waspada.

Baca juga : Termasuk Kelompok Rentan, Disabilitas Berhak Divaksin

“Virus (varian) Delta tidak lebih memati­kan, tapi lebih cepat menular. Kabar ini sudah menyebar luas, makanya masyarakat merasa baik-baik saja,” kata @Ivan_jogjazz.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.