Dark/Light Mode

Menpora Yakin Wushu Masuk Olimpiade 2032

Minggu, 20 Juni 2021 14:10 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali secara membuka “Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 tahun 2021” secara virtual, di SitRoom, gedung Kemenpora, Sabtu (19/6) malam. Zainudin berharap wushu bisa masuk Olimpiade.

Acara Sirkuit Nasional Wushu Taolu ke-2 Tahun 2021 ini digelar di Yogyakarta mulai 19 – 26 Juni 2021. Menurut Zainudin wushu memang belum dipertandingkan pada event olimpiade. Tapi dianggap memiliki potensial bagi Indonesia dan diharapkan berprestasi apabila suatu saat dipertandingkan di olimpiade.

“Sekarang ini data menunjukkan bahwa wushu sudah ada di 152 negara dan 5 benua. Sementara persyaratan dari IOC (Komite Olimpiade Internasional) minimal ada di 75 negara. Jadi ini sudah melampaui bahkan sudah 200 persen dari persyaratan IOC itu,” kata Menpora dalam keterangan tetulianya, Minggu (10/6).

Namun  Menpora Amali mengingatkan bahwa butuh dukungan dan kerja keras dari Wushu Internasional Federation agar hal tersebut dapat terwujud dan dipertandingkan di olimpiade.

Baca juga : Menpora Pastikan Liga 1 Dan Liga 2 Tanpa Penonton

“Saya mohon kepada ketua umum untuk mendorong terus supaya IF (Internasional Federation) Wushu mendorong bagaimana wushu sudah bisa dipertandingkan pada olimpiade-olimpiade yang akan dating. Minimal dalam ujicoba dan saya setuju kita persiapkan untuk 2032 wushu sudah menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan,” harapnya.

Menpora Amali juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi dari upaya-upaya Ketua Umum PB Wushu Airlangga Hartarto dan seluruh pengurus yang tidak henti-hentinya terus fokusdalam melakukan pembinaan atlet-atlet junior.

“Maka Sirkuit Nasional Wushu kedua tahun 2021 ini saya setuju ini dijadikan tempat untuk memilih calon-calon atau talenta-talenta atlet junior kita. Dengan demikian, secara berkesinambungan. Kalau atlet-atlet senior sudah segera berakhir, maka tentu atlet-atlet junior menjadi pelapis yang bisa kita harapkan beberapa tahun kedepan,” tukas Amali.

Sementara itu, Ketua Umum Ketua Umum PB Wushu Indonesia (PBWI), Airlangga Hartarto pada kesempatan ini melaporkan bahwa acara ini merupakan salah satu ajang kegiatan dari serangkaian program sirkuit nasional yang diikuti oleh 373 atlet junior potensial.

Baca juga : Corona Makin Buruk, Rupiah Tumbang

Para atlet ini adalah hasil penyaringan dari 1800 atlet junior pada tahun 2020 dan telah ditetapkan oleh PB Wushu. Untuk sirkuit nasional pertama telah digelar Maret lalu dan sirkuit ketiga akan dilaksanakan di November 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan disiplin karena masih situasi pandemi.

Airlangga mengatakan acara ini digelar untuk memberikan kesempatan pada atlet senior yang sedang mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda) di provinsi yang sedang dipersiapkan untuk mengikuti PON XX Papua.

“Sirkuit ini sebagai uji coba dan tentunya di situasi pandemi ini berbagai sektor termasuk kegiatan olahraga ini sangat terdisrupsi. Namun PBWI tidak berhenti dan diam untuk melakukan pembinaan termasuk melalui sirkuit ini,” ujar Airlangga.

Airlangga juga menjelaskan bahwa PBWI pada tahun 2022 nanti mendapat penugasan sebagai tuan rumah kejuaraan dunia wushu yunior yang rencananya akan dilaksanakan di akhir tahun 2022 di ICE BSD Tangerang. Selain itu juga akan mengikuti Asian Games di Hangzhou Cina dan Universiade di Chengdu Cina.

Baca juga : Perbakin Ngandelin Vidya Di Olimpiade Tokyo

“Oleh karenanya, agenda tersebut harus menjadi perhatian bagi pengurus dan pelatih agar menyiapkan program dan strategi agar atlet-atlet kita dapat menorehkan prestasi terbaik dan dapat mengharumkan nama dan bangsa yang tentunya dengan berkibarnya bendera Merah Putih dan dikumandangkannya lagu Indonesia raya di setiap kegiatan yang kita ikuti,” katanya.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekjen KONI Pusat, Ade Lukman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia yang diwakili Komite Eksekutif, Bapak Wushu IGK Manila dan Ketua Wushu daerah seluruh Indonesia. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.