Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenpora Gelar Field Archery Festival 2021 Di Batam

Jumat, 25 Juni 2021 16:29 WIB
Even Field Archery Menpora Festival 2021 yang diadakan di lapangan Golf Palm Spring di Batam. (Foto : Kemenpora)
Even Field Archery Menpora Festival 2021 yang diadakan di lapangan Golf Palm Spring di Batam. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenpora terus mengajak masyarakat Indonesia tetap bugar dengan berolahraga di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya Kemenpora menggelar Festival Olahraga Masyarakat di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Ada beberapa olahraga masyrakat yang dipertandingkan, salah satunya even Field Archery Menpora Festival 2021 yang diadakan di lapangan Golf Palm Spring dan lapangan Nuvasa Bay Nongsa, Kota Batam. Selain panahan ada aerobik, gowes, dan trabas yang diadakan hingga tanggal 27 Juni 2021 mendatang.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah kita mencoba mencari bentuk-bentuk even olahraga sehingga orang tertarik untuk datang. Jadi, sport tourism ini juga sangat membantu banyak sektor di Batam di tengah pandemi sekaligus mengajak masyrakat untuk tetap sehat dan bugar dengan berolahraga," kata Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Maifrizon saat meninjau pelaksanaan hari pertama kegiatan di lapangan Golf Palm Spring Kamis (24/6) sore.

Berita Terkait : Holland Festival 2021, Garin Nugroho Suguhkan The Planet-A Lament

"Kegiatan ini diselenggarakan cukup berat karena di tengah pandemi Covid-19. Namun menurutnya, olahraga harus tetap berjalan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan baik dan ketat yang menjadi pesan utama Pak Menpora, pariwisata pun juga harus bergerak," ujarnya.

Kemenpora mencoba bersama bersinergi dengan beberapa stakeholder terkait untuk mengedukasi stakeholder penyelenggara olahraga agar bagaimana melaksanakan even olahraga di tengah pandemi.

"Yang terpenting adalah mengedukasi masyarakat untuk tetap berolahraga di era pandemi dan bersama Dinas Pariwisata kita bersinergi agar olahraga pariwisata ini bisa bertumbuh," harapnya.

Berita Terkait : Kemensos Pelajari Fintech Untuk Salurkan Bansos

Kadispora Kota Batam Khaidar menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Kemenpora di Kota Batam, pihaknya sangat berterima kasih pemerintah menunjuk Kota Batam. "Kami mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan Kemenpora RI di Batam. Kita bersyukur Kota Batam ditunjuk untuk penyelenggaraan olahraga di tengah pandemi ini semoga bisa menjadi contoh untuk kegiatan lainnya," harapnya.

Ketua Umum Perpani Kepri Abdul Razak juga sampaikan terima kasih kepada Menpora RI. Menurutnya, Perpani Kota Batam mencoba mengedukasi bagaimana panahan agar tidak monoton yakni field archery di lapangan golf yang menjadi tantangan tersendiri bagi archernya.

"Jadi, ada 24 target yang menjadi sasaran, jadi sangat menantang. Pesertanya dari 21 provinsi tetapi yang hadir 18 provinsi. Hari ini ada 325 atlet pemanah yang hadir dari luar Batam totalnya sejumlah 450 peserta," ujarnya.

Berita Terkait : Gaet Wisatawan, Sandi Gelar Festival Jazz Makassar 2021 Di Kapal Phinisi

Sementara, Ketua Asosiasi Pariwisata Bahari Kepri Surya Wijaya menyebut kegiatan ini menjadi magnet baru khususnya di sektor perhotelan. Dengan adanya kegiatan sport tourism ini PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Batam bahkan menawarkan harga hotel sagat menarik yakni harga hotel bintang empat dipangkas hingga 50 persen.

"Kegiatan ini benar-benar harapan baru dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Ini adalah kolaborasi yang nyata, tidak hanya antara pariwisata dengan pariwisata saja tetapi olahraga dengan pariwisata atau sport tourism," tuturnya. [IPL]