Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemensos Pelajari Fintech Untuk Salurkan Bansos

Kamis, 24 Juni 2021 19:10 WIB
Menteri Sosial, Tri Rismaharini usai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, Kamis (24/6).
Menteri Sosial, Tri Rismaharini usai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, Kamis (24/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos), menyiapkan inovasi dalam penyaluran bantuan sosial (bansos), dengan menggunakan Financial Technology (Fintech). 

Inovasi menggunakan fintech untuk mempercepat dan memudahkan penyaluran bansos serta memudahkan upaya pengawasan dan pengendalian.

“Sesuai Perpres bansos melalui Himbara, namun seiring perkembangan tidak mungkin lagi manual tanpa bantuan teknologi, ” ujar Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini usai menerima audiensi Asosiasi Fintech di Jakarta, Kamis (24/6).

Baca juga : Kemenhub: Kecelakaan Lalin Sering Disebabkan Human Error

Dibandingkan dengan alat berbasis teknologi, penggunaan dan proses manual dinilai, banyak kekurangan terlebih untuk pengawasan dan pengendalian program.

“Penggunaan alat secara manual masih banyak kekurangan dan tidak tepat sasaran bagi para Penerima Manfaat (PM), ” ungkap Mensos.

Inovasi Kemensos dengan menggunakan fintech dalam penyaluran bansos merupakan sistem yang digunakan hampir di seluruh dunia. 

Baca juga : Kak Seto: Pembelajaran Lewat Online Tak Selamanya Negatif

“Kami welcome dengan fintech yang saat ini hampir di seluruh dunia digunakan keuangan yang berbasis digital tersebut,” katanya. 

Kelebihan inovasi fintech dalam penyaluran bansos, yaitu selain lebih cepat dan akurat, tapi juga lebih efektif dan efisien. “Jelas itu akan sangat berpengaruh tidak hanya untuk memudahkan pengendalian, kontrol dan pengawasan, ” tegas Mensos.  

Untuk penyaluran bansos dengan menggunakan fintech, Kemensos akan menggandeng Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  “Implementasi fintech itu akan secepatnya kami lakukan dan semoga bisa dilaunching pada tanggal 17 Agustus ini, ” pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.