Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bawaslu-Kemenpora Bersinergi Ajak Pemuda Aktif Awasi Pemilu

Selasa, 25 Mei 2021 15:30 WIB
Menpora Zainudin Amali dan anggota Bawaslu. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali dan anggota Bawaslu. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan Ketua Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) Abhan di ruang kerjanya, gedung Kemenpora, Jakarta Pusat, Selasa (25/5).

Kedatangan Ketua Bawaslu untuk mengajak Kemenpora bersinergi dalam program program prioritas nasional untuk membentuk Pusat Pendidikan Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan melibatkan organisasi kepemudaan di bawah naungan Kemenpora (OKP).

"Ini perlu disinergikan dengan Kemenpora, Bawaslu meminta dan mengajak peran serta partisipasi organisasi Kepemudaan di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk terlibat berpartisipasi dalam Sekolah Kader Pengawas Pertisipatif (SKPP) guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif dalam Pemilu dan Pemilihan," kata Abhan.

Baca juga : Wamenag Ajak Pemuda Kristen Ikut Perkuat Moderasi Beragama

Menurut Abhan, organisasi kepemudaan di bawah naungan Kemenpora sangat banyak. Sehingga sangat perlu dilibatkan sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam persiapan Pemilu.

"Kami berharap bisa diformalkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum RI," harapnya.

Untuk menindaklanjuti ini, maka perlu dibentuk panitia kecil untuk merumuskan naskah kerjasama antara Kemenpora dan Bawaslu.

Baca juga : Brantas Abipraya Bangun Bendungan Pertama di Sulawesi Barat

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan apresiasi dan menyambut baik ajakan Bawaslu RI tersebut. Pasalnya, keterlibatan pemuda dalam pengawasan pemilu akan memperkuat proses demokrasi.

"Saya menyambut baik dan terbuka, apa yang disampaikan Bawaslu tentu dalam memperkuat proses demokrasi di masyarakat. Artinya semakin banyak para pemuda kita yang terlibat dalam pengawasan khusunya. Semakin banyak yang mengedukasi masyarakat, maka partisipasi (Pemilu) semakin masif," kata Menpora Amali.

Menpora Amali mengatakan pihaknya siap bersinergi dengan Bawaslu. Apalagi sebelumnya Kemenpora telah menandatangani kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Nasional (BKKBN) dalam menurunkan angka Stunting dan mencetak atlet berprestasi.

Baca juga : Kementerian KKP Ajak Pemprov Sumbar Kembangkan Potensi Udang

"Kita akan diformalkan dan kami siap. Seperti apa teknisnya teman-teman Bawaslu yang siapkan. nanti kami tinggal mewadahi saja. Saya kira bagus, kita apresiasi dan terimakasih," ujar Menpora Amali.[IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.