Dark/Light Mode

Belanda Vs Republik Ceko

Oranye Dihantui Rekor Buruk

Minggu, 27 Juni 2021 06:10 WIB
Pelatih tim nasional Belanda Frank de Boer memimpin sesi latihan. (Foto: Reuters)
Pelatih tim nasional Belanda Frank de Boer memimpin sesi latihan. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda bakal melakoni laga 16 besar Euro 2020 penuh tekanan. Tim Oranye akan menghadapi Tim Kuda Hitam, Republik Ceko di Puskas Arena, malam ini.

Kenapa penuh tekanan? Belanda mempunyai catatan buruk lawan Republik Ceko. Dari rekor pertemuan, Belanda lima kali kalah, tiga kali menang dan tiga hasil imbang.

Kekalahan yang paling dramatis terjadi pada Piala Eropa 2004. Saat itu, Ceko tertinggal 0-2 bisa bangkit dan mengalahkan Tim Oranye 3-2.

Baca juga : SIM Keliling Polda Metro, Yuk Cek lokasinya Di Sini

Asisten Pelatih Ceko Jiri Chytry mengatakan, timnya akan bermain sebagai underdog. Namun, bisa mengejutkan di akhir pertandingan seperti yang terjadi di masa lalu melawan Belanda.

“Kami menganggap Belanda sebagai salah satu tim teratas, salah satu favorit turnamen ini. Tetapi jika kita memberikan yang terbaik, kita mampu menghadapi siapa pun,” kata Chytry.

Pelatih Ceko, Jaroslav Silhavy berjanji untuk mempelajari seluk beluk permainan Belanda. Demi memetik kemenangan, dia meminta Patrik Schick dan kawan-kawan mengulangi penampilan penuh semangat. Seperti ketika menghadapi Skotlandia di fase grup.

Baca juga : Inggris Vs Rep Ceko, Kane Susah Tergantikan

Meski dihantui rekor buruk, Belanda tetap yakin bisa memenangkan laga tersebut. Apalagi, Belanda tetap diunggulkan ketimbang Republik Ceko. Tim Oranye bakal ditinggalkan Luuk de Jong karena cedera lutut.

Saat ini, tim asuhan Frank de Boer itu diunggulkan karena berstatus tim bertabur bintang. Sebut saja Wijnaldum dan Memphis Depay yang di babak penyisihan Grup C tampil sangat apik. Produktivitas mereka terbukti lewat keberhasilan Belanda lolos ke 16 besar sebagai jawara grup dengan angka sempurna.

Statistik mereka juga terbilang mantan karena berhasil mengumpulkan delapan gol dan hanya dua kali kebobolan. Rinciannya, Belanda menang 3-2 atas Ukraina, menumbangkan Austria 2-0 dan menghajar Makedonia Utara 3-0.

Baca juga : Berebut Juara Group

Sementara, Ceko juga menunjukkan kolektivitas dan efektivitas yang padu selama pagelaran Euro 2020. Bertumpu pada Patrik Schick, Ceko mendulang poin demi poin yang dibutuhkan untuk melaju ke babak 16 besar.

Tim ini lolos melalui jalur peringkat ketiga setelah berhasil mengemas empat poin dari satu kemenangan, satu imbang, dan satu kali kalah. Mereka mengemas tiga gol dan kebobolan dua gol saja. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.