Dark/Light Mode

Gegara Penonton, Puluhan Pembalap Tour De France Kecelakaan

Minggu, 27 Juni 2021 09:45 WIB
Puluhan pembalap jatuh dan sebagian mengalami luka di awal Tour De France 2021. (Foto : Reuters)
Puluhan pembalap jatuh dan sebagian mengalami luka di awal Tour De France 2021. (Foto : Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kecelakaan beruntun mewarnai hari pertama gelaran ajang balap sepeda paling bergengsi, Tour De France 2021 pada Sabtu (26/6). Puluhan pembalap terjatuh, sebagian mengalami luka.

Kecelakaan berawal dari seorang penonton yang membawa poster ingin menunjukkan ke kamera televisi. Namun terlalu dekat ke jalan, sehingga tersenggol pembalap.

Tour De France 2021 memang menyita perhatian penggemar balap sepeda. Tahun lalu, ajang ini batal digelar akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Garuda Umumkan Tunda Pembayaran Kupon Global Sukuk

Banyak penggemar berbaris di tepi jalan untuk menyambut rombongan dengan membawa bermacam atribut berupa bendera negara para pembalap, termasuk pesan yang ditulis di atas karton.

Namun, secara tak sengaja penonton tersebut tersenggol oleh pembalap yang sedang ngebut. Akibatnya banyak pembalap terjatuh. Insiden tersebut terpaksa membuat Tony Martin, Primoz Roglic dan Wout Van Aert harus keluar dari balapan saat perlombaan menyisakan 45km terakhir dari etape pertama.

Tabrakan kedua juga menjatuhkan Froome dan banyak pembalap lainnya termasuk Marc Haller, Andre Greipel dan Ion Izagire.

Baca juga : 9 Lompatan Kemnaker, Strategi Hadapi Tantangan Pembangunan Ketenagakerjaan

"Kami senang memiliki penonton di sisi jalan di #TDF2021. Tetapi agar Tur sukses, hormati keselamatan pengendara. Jangan mempertaruhkan segalanya untuk foto atau tampil di televisi!," tulis panitia di Twitter.

Pembalap Prancis, Julian Alaphilippe memenangkan etape pertama untuk merebut jersey kuning pemimpin perdana. Sang juara dunia keluar dari rombongan dengan 2,3km tersisa dari tanjakan brutal Cote de la Fosse aux Loups.

Pembalap Australia, Michael Matthews berhasil mengambil tempat kedua pada etape perdana ini, diikuti pembalap Slovenia, Primoz Roglic yang ada di tempat ketiga. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.