Dark/Light Mode

9 Lompatan Kemnaker, Strategi Hadapi Tantangan Pembangunan Ketenagakerjaan

Kamis, 17 Juni 2021 19:00 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tengah fokus melakukan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif. Tujuannya, untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan melalui sembilan lompatan besar.

Sembilan lompatan besar itu terdiri atas transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), link and match ketenagakerjaan, transformasi program perluasan kesempatan kerja, pengembangan talenta muda, perluasan pasar kerja luar negeri, visi baru hubungan industrial, reformasi pengawasan, ekosistem digital SIAPKerja, dan reformasi birokrasi.

Baca juga : Dongkrak Kompetensi Pekerja, Kemnaker Gandeng 4 Perusahaan Kakap

"Gunanya untuk merespons berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam sistem digitalisasi yang berimplikasi terhadap dunia ketenagakerjaan," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi dalam keterangan rilisnya, Kamis (17/6).

Dia mengingatkan seluruh unit kerja di lingkungan Kemnaker agar selalu berkolaborasi. Sebab, melalui kolaborasi implementasi sembilan lompatan Kemnaker berjalan dengan optimal.

Baca juga : Amankan Parade Bendera, Tentara Israel Siap Hadapi Pertempuran Baru Lawan Hamas

Anwar juga mengapresiasi Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Ketenagakerjaan lantaran konsistensi membangun koordinasi, dan konsolidasi dalam implementasi sembilan lompatan besar Kemnaker ini. Menurutnya, Barenbang Ketenagakerjaan mampu memompa semangat dan inspirasi bagi unit kerja lainnya.

"Sehingga mudah untuk mewujudkan cita-cita besar bersama dalam pembangunan ketenagakerjaan yang lebih baik," sebutnya.

Baca juga : Sekjen Kemnaker Minta Atase Ketenagakerjaan Mainkan 4 Jurus Ini

Sementara Kepala Barenbang Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, menyatakan kesiapannya berkontribusi dalam semua agenda kebijakan sembilan lompatan besar Kemnaker.

Bahkan, saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan terkait agenda, detail agenda, hingga level detail aktivitas, untuk mengimplementasikan sembilan lompatan besar Kemnaker dalam program dan kegiatan Barenbang Ketenagakerjaan. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.