Dark/Light Mode

Cegah Pengunjung Membludak Di Libur Waisak, Ancol Pakai Trik Ini

Rabu, 26 Mei 2021 17:11 WIB
Para wisatawan duduk jaga jarak di Kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/5). (Foto: Humas Taman Impian Jaya Ancol)
Para wisatawan duduk jaga jarak di Kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara, Rabu (26/5). (Foto: Humas Taman Impian Jaya Ancol)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menerapkan skema buka-tutup gerbang sementara untuk mencegah membludaknya pengunjung di libur Hari Raya Waisak 2021, Rabu (26/5). Manajer Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, skema tersebut sebagai upaya manajemen dalam mengendalikan jumlah pengunjung di dalam area kawasan wisata agar protokol kesehatan (prokes) tetap bisa dilaksanakan dengan baik.

"Skema buka-tutup gerbang itu lebih kepada upaya pengendalian trafik pengunjung di dalam Ancol. Jadi, bukan nggak boleh masuk, tapi pengunjung ditahan sementara, dan itu tadi cuma sekitar 30 menit," kata Rika, di Jakarta, Rabu (26/5), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Pengunjung Membludak, Wisata Pantai Di Garut Ditutup

Jumlah pengunjung Ancol yang tercatat dari pukul 06.00 WIB sampai jam 13.00 WIB sekitar 14.000 orang. Lalu, yang keluar sebanyak 4.000 orang.

"Jadi, yang tersisa di kawasan Ancol 10.000 orang. Itu pun menyebar, ada yang ke Dunia Fantasi, Seaworld, dan Ocean Dream Samudera. Secara jumlah pengunjung, itu masih di bawah 30 persen," kata Rika.

Baca juga : Pengunjung Ancol Membludak, PSI Punya Senjata Baru Serang Anies

Dia menambahkan, animo pengunjung meningkat selama libur Waisak kali ini. Namun, ia berharap penerapan protokol kesehatan selama berwisata tetap menjadi perhatian selama berada di kawasan Ancol.

Rika pun memantau area sepanjang pantai Ancol untuk memastikan penerapan protokol kesehatan dapat dikendalikan dengan baik. Ia mengatakan, di pinggir pantai, pengunjung ada sekitar 4.000 orang. Angka tersebut masih cukup terkendali untuk di kawasan pantai. Prokes seperti jaga jarak dan menghindari kerumunan terus diperhatikan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.