Dark/Light Mode

Piala Eropa 2020

Belanda 0-2 Rep Ceko, De Light: Keok Gegara Saya

Senin, 28 Juni 2021 06:14 WIB
Bek timnas Belanda Matthijs de Ligt terpaksa meninggalkan lapangan usai mendapat kartu merah. (Foto : Istimewa)
Bek timnas Belanda Matthijs de Ligt terpaksa meninggalkan lapangan usai mendapat kartu merah. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat diunggulkan, Belanda keok dan pulang lebih awal usai dihajar Republik Ceko pada laga 16 besar Piala Eropa 2021. Bek tim nasional Belanda Matthijs de Ligt jadi biang keroknya.

Timnas Oranye, julukan Belanda kalah 0-2 melawan Republik Ceko dalam laga 16 besar di Puskas Arena, Budhapest, Senin (28/6) dini hari WIB.

Baca juga : Spanyol Vs Kroasia, Perisic Kepatil Covid

Biang kekalahan adalah De Ligt yang diganjar kartu merah oleh wasit Sergei Karasev. Light kedapatan melakukan pelanggaran handball dalam situasi serangan balik Ceko.

Berlaga dengan 10 pemain, daya gedor Belanda mandul. Dua gol tercipta lewat Tomas Holes serta Patrik Schick membawa Ceko menang 2-0. "Tentu saja rasanya sangat buruk. Kami pada dasarnya kalah karena saya," kata De Ligt dari laman resmi UEFA.

Baca juga : Dihajar Denmark 4-0, Bale: Wasit Dipengaruhi Penonton

"Jika dipikir-pikir, saya seharusnya tidak membiarkan bola memantul sebelumnya," ujarnya menambahkan.

Menurut De Ligt, Belanda cukup berpeluang karena serangan yang dibangun pada babak pertama. Tetapi kartu merah mengubah keadaan.

Baca juga : Denmark Vs Wales, Menanti Kejutan Tim Tak Diunggulkan

"Saya pikir kami bisa mengendalikan pertandingan. Ada beberapa peluang, terutama di babak pertama, saya pikir mereka tidak banyak menciptakan peluang juga," katanya. "Tapi, tentu saja kartu merah itu membuat segalanya berbeda," tutup De Ligt.

Kekalahan ini membuat Belanda yang sempat diunggulkan karena menjadi satu dari tiga tim yang menyapu bersih kemenangan di fase penyisihan grup harus pulang lebih awal. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.