Dark/Light Mode

Menpora Yakin Pelaksanaan PON Tepat Waktu

Kamis, 17 Juni 2021 04:15 WIB
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)
Menpora Zainudin Amali. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin  Amali memastikan persiapan PON XX Papua berjalan sesuai rencana dan tepat waktu.  Data-data kesiapan sudah didapatkan saat Rakor dengan KONI usai kunjungan kerja ke Papua.

"Persiapan on progres persiapan venue, tempat penginapan, pertandingan, di empat klaster, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke, insyaallah tepat waktu," jelas Menpora dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/6).

"Sebelum pembukaan (2/10), ada tes even, ada yang pada akhir Agustus dan sekitar September sudah ready semua. Dan untuk memantau perkembangan ada Staf Kemenpora yang selalu bertugas bergantian di Papua," tambahnya meyakinkan.

Sebagaimana regulasi yang ditetapkan, PON adalah tanggung jawab daerah dalam hal ini PB PON yang diketuai oleh Gubernur, namun ada tanggung jawab Kemenpora yang merupakan bentuk dukungan.

Baca juga : Kemenperin Gelar Pelatihan Pejabat Penyuluh Perindag

"Ada dua tanggung jawab Kemenpora, satu pengadaan peralatan untuk cabor tertentu, tidak semua, karena ada yang biaya APBD dan APBN. Untuk yang tanggung jawab Kemenpora Agustus sudah di lokasi," ucap Menpora.

"Yang kedua bentuk dukungan penyelenggaraan, untuk wasit, yuri, dan perangkat pendukung, diluar yang sebagian besar dari daerah," lengkapnya.

Tentang vaksinasi dan jaminan kesehatan serta keamanan semua berjalan sesuai rencana dan kondusifitas semua baik.

"Ada arahan Bapak Presiden bahwa selain semua kontingen dipastikan vaksinasi untuk penduduk sekitar venue dua pertiga juga harus divaksin, sebagaimana disampaikan oleh Kemenkes saat ini sudah 70 persen artinya dari tenggat waktu akan terealisasi," jelasnya lagi.

Baca juga : Kemendagri Dukung BNPT Laksanakan REN PE 2020-2024

Dan sebagai jaminan lain bahwa untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa jiwa akan diterapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin.

"Saya sudah minta ada petugas khusus dari daerah masing-masing yang masuk dalam kontingen untuk selalu mengawal dan mengingatkan prokes, karena komunikasi masing-masing daerah berbeda-beda. Keamanan juga kondusif, kalau ada pemberitaan itu sebenarnya jauh dari tempat lokasi even (laporan Wagub Klemen Tinal, saat berkunjung ke Kemenpora sebelum meninggal)," tuturnya.

Terakhir harapan besar Menpora adalah even empat tahunan nasional ini selain membangun persaudaraan sesama anak bangsa, ada prestasi-prestasi yang ditorehkan.

"Biasanya ada pemecahan rekor, dan semoga menjadi sumber-sumber atlet untuk mengisi Timnas yang dapat mewakili Indonesia," harapnya.

Baca juga : KPK Garap Kadiv Pendanaan Dan Investasi Jasindo

"Selain itu dalam situasi pandemi ini merupakan ujian buat kita untuk tetap berkegiatan tetapi harus bisa menjaga kesehatan. Kita dukung dan dari daerah datang dengan sportivitas, kita sukseskan PON XX Papua, karena ini merupakan harga diri tidak hanya masyarakat Papua tetapi bangsa Indonesia," tutupnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.