Dark/Light Mode

Merah Putih Berkibar Lagi Di Olimpiade Tokyo

Selamat, Eko!

Senin, 26 Juli 2021 07:20 WIB
Lifter Eko Yuli Irawan meluapkan kegembiraannya usai meraih medali perak kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020, di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Ini medali kedua yang diraih Indonesia. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Lifter Eko Yuli Irawan meluapkan kegembiraannya usai meraih medali perak kelas 61 kg Putra Grup A Olimpiade Tokyo 2020, di Tokyo International Forum, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Ini medali kedua yang diraih Indonesia. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

 Sebelumnya 
Eko juga dirayu Amali untuk tanding lagi di Olimpiade berikutnya, yakni Paris 2024. Sebelumnya, Olimpiade Tokyo disebut-sebut bakal jadi yang terakhir dalam perjalanan karier Eko sebagai atlet.

"Insya Allah Pak, saya masih ingin Pak. Saya berusaha Pak Menteri, tapi saya tetap ingin mendorong adik-adik junior," ucap Amali, menirukan ucapan Eko.

Baca juga : Belum Dapat Sumbang Medali, Deni Minta Maaf

Amali tak punya target muluk-muluk dalam Olimpiade kali ini. Apalagi di tengah pandemi. Tapi, melihat performa atlet saat ini, ia optimis peringkat Indonesia akan lebih baik ketimbang Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Saat itu, berada di peringkat 46. Saat ini, untuk sementara Indonesia berada di posisi 19 klasemen. Capaian terbaik se-Asia Tenggara. Cabang olahraga yang berpeluang mendulang medali antara lain bulu tangkis dan panahan.

Di Twitter, kemarin, nama Eko Yuli bertengger di urutan trending topic. Para tokoh, baik dari kelompok pendukung pemerintah maupun di luar pemerintah, kompak menyampaikan ucapan selamat dan bangga.

Baca juga : Ini Jadwal Wakil Indonesia Di Olimpiade Tokyo, Senin 26 Juli

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) misalnya. Ia mengaku bangga dan menyampaikan terima kasih atas torehan medali Eko Yuli. "Medali kedua untuk Indonesia. Terima kasih dan selamat untuk Eko Yuli Irawan yang berhasil mendapatkan medali perak untuk cabang olahraga Angkat Besi di #TokyoOlympics. Terus semangat, kita bangga!" cuitnya di akun @AgusYudhoyono.

Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni ikut memberi ucapan selamat. "Selamat pahlawan bangsa. Eko Yuli Erawan, sangat membanggakan!" tulisnya di akun @AntoniRaja.

Baca juga : Mantap, Eko Sumbang Perak

Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga ngetweet selamat. "Formidable! Selamat, Eko Yuli Irawan!" ucapnya, di akun @GWirjawan. "Selamat Eko Yuli telah meraih Perak! Selamat Windy Cantika Aisah telah meraih perunggu!" cuit @okkymadasari.

Pemerhati dan jurnalis olahraga juga menyampaikan selamat dan mengaku bangga atas persembahan medali Eko Yuli untuk Indonesia. "Eko Yuli Irawan gets silver for Indonesia! #Tokyo2020," tulis @pangeransiahaan. "Sejarah Baru! Eko Yuli Irawan, seorang anak penarik becak dari Kota Metro, Lampung, menjadi manusia Indonesia pertama yg meraih 4 medali dlm 4 Olimpiade. Sayang, impian meraih emas tdk terealisasi. Seorang atlet yg rendah hati dan punya determinasi besar. Terima kasih Pak Eko," kicau @ainurohman. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.