Dark/Light Mode

Konsisten Sumbang Medali, Menpora Ingin Angkat Besi Diminati Masyarakat

Selasa, 3 Agustus 2021 19:44 WIB
Lifter Windy Cantika Aisah dan Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)
Lifter Windy Cantika Aisah dan Menpora Zainudin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali mengatakan akan berupaya mensosialisasikan cabang olahraga angkat besi di tengah masyarakat Indonesia sehingga diminati seperti cabang olahraga lainnya.

Hal tersebut disampaikan Menpora Amali dalam wawancara live dalam program “Lunch Talk" Berita Satu TV, dengan tema: Angkat Besi Konsisten Sumbang Medali, Selasa (3/8) siang.

Menpora Amali mengakui cabang olahraga angkat besi sangat sulit untuk diminati seperti Bulutangkis, Sepak bola dan Bola voli. Sebab, cabang-cabang olahraga tersebut ada pertandingan atau turnamen kejuaraan yang profesional dan hadiahnya sangat besar. Walaupun kalah cabor tersebut tetap diminati masyarakat karena bukan olahraga yang bermain secara individual.

Baca juga : Ginting: Medali Ini Untuk Masyarakat Indonesia

“Olahraga angkat besi ini adalah olahraga individual. Memang kita harus carikan cara, paling tidak masyarakat itu mau dan suka untuk menggeluti cabang olahraga angkat besi. Memang tidak mudah di masyarakat kita terutama bagi yang kaum perempuan,” ungkapnya.

Namun demikian, Menpora Amali optimis dengan Grand Design Olahraga Nasional pihaknya akan melakukan pembinaan usia dini atlet angkat besi baik melalui sentra olahraga maupun Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) seperti yang ada saat ini di berbagai daerah.

“Mungkin sosialisasi kemasyarakatan akan kita dorong supaya mereka tertarik. Tapi kalau diusahakan untuk bagaimana euphoria masyarakat sama seperti dengan Bulu tangkis, Sepak bola, Bola basket dan Voli itu masih belum,” katanya.

Baca juga : Jangan Sulut Kegaduhan Di Tengah Kerja Kemanusiaan Masyarakat

Menurutnya, sosialisasi dan pembinaan tersebut perlu dilakukan secara bertahap sehingga angkat besi diminta masyarakat. Bahkan, bukan saja di Indonesia, angkat besi dan olahraga seperti panahan, menembak dan olahraga yang jarang ada kejuaraannya nasionalnya kurang diminati.

“Memang kita akan usahakan tetapi untuk sama persis (dengan sepakbola dan bulu tangkis) tidak, tapi menarik minat, mengikuti itu kita butuh dorongan dari semua pihak,” pungkasnya.

Menurut dia, tidak menyerah dalam melakukan hal tersebut, karena angkat besi ini adalah olahraga yang secara konsisten berprestasi menyumbangkan medali untuk Indonesia. Bahkan Menpora optimistis Olimpiade Paris 2024 mampu maeraih medali emas.“Kalau kita persiapkan dari sekarang saya punya keyakinan (meraih medali emas),” katanya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.