Dark/Light Mode

Olimpiade Tokyo

Pecah Telor, Tim Voli AS Raih Medali Emas

Minggu, 8 Agustus 2021 16:58 WIB
Tim voli putri Amerika Serikat. (Foto : Ist)
Tim voli putri Amerika Serikat. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim voli putri Amerika Serikat mencetak sejarah baru. Tim voli nomor satu dunia ini berhasil meraih medali emas untuk kali pertamanya di ajang Olimpiade.

Pada final, Minggu (8/8), tim AS meraih medali emas setelah menaklukkan Brazil straight set 25-21 25-20 25-14 di Ariake Arena, Jepang, Minggu. Brazil sendiri berhak mendapatkan medali perak setelah absen masuk podium pada Olimpiade Rio 2016.

Baca juga : Jepang Pecah Rekor Medali, Indonesia Urutan Ke-55

Sebelumnya tim putri AS belum pernah medali emas. Mereka hanya meraih medali perak tiga kali Olimpiade dengan yang terakhir terjadi di London 2012.

Di Rio 2016, tim AS menduduki urutan ketiga setelah dalam semifinal dikalahkan Serbia. Membalas kekalahan di Rio itu, giliran AS yang menyingkirkan Serbia dalam semifinal Tokyo 2020 dengan 25-19, 25-15, 25-23.

Baca juga : Brasil Raih Emas, Dani Alves Makin Trengginas

Kapten Jordan Larson yang menjadi bagian dari tim yang memenangkan medali perak pada Olimpiade 2012 dan medali perunggu lima tahun lalu, memimpin timnya mencatat kemenangan bersejarah itu.

Kemenangan ini juga membuat pelatih AS Karch Kiraly menyusul Lang Ping dari China yang menjadi orang kedua yang berhasil meraih medali emas, baik sebagai pemain bola voli maupun sebagai pelatih.

Baca juga : Brasil Vs Spanyol, Unggulan Berebut Emas

Kiraly memenangkan medali emas bola voli putra saat menjadi pemain pada Olimpiade 1984 dan 1988. Dia juga merebut medali emas dari voli pantai Olimpiade 1996. Sementara itu, putri Serbia untuk kedua kali berturut-turut membawa pulang medali Olimpiade. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.